Sabtu, 19 April 2008

Tips Tidur Nyenyak

Hoahhh…ngantukk… selalu deh, bila malam tiba, gejala-gejala ngantukomnia kembali kambuh. Duh… sebenernya ingin banget minum a glass of coffee. Tapi belakangan aku ngerasa gak baik juga ya…minum terlalu banyak kopi. Pertama, kopi mengandung gula yang berasal langsung dari tebu. Atau bisa juga disebut monosakarida. Nah, gula jenis ini sangat mudah sekali larut dan terurai oleh tubuh kita dan dengan cepat terkandung dalam darah, alias gula darah naik bo’.

Kedua, kopi adalah sejenis zat yang ‘memaksa’ otak kita untuk tetap kerja, makanya bangun terus. Gak baik juga akh kupikir.

Tadi malem sempet lilir jam 3-an pagi, gak tau kenapa aku ngerasa panass banget. Akhirnya aku turun dari kamar, took a glass of water, drank, and finally slept again. Fyuhh… gak enak yah kalo pas badan capek abiz truss pengen bobo eeh malah lilir, suka migren kata papaku. BTW aku pernah baca tentang tips tidur berkualitas. Wannano??

#Pilih jam yang tetap setiap malamnya untuk tidur, yaah kayak dijadwal gitu soalnya hal ini akan membantu mengisyaratkan otak kita untuk teratur memberikan sinyal ngantuk. Biar gak ngantuk di saat yang butuh kesadaran penuh. Waktu kerja misalnya.

#Kondisikan kamar seideal mungkin untuk dipake bobo. Tidur di atas kasur yang penuh barang?? Nonono it’s not good beibeh. Bisa ngeganggu kenyamanan. Malahan bisa bikin punggung pegel2.

#Suhu kamar harus sekitar 20-25 derajat Celsius. Jangan terlalu dingin dan juga jangan terlalu panas.

#Jangan tidur setelah makan. Soalnya kalo abis makan trus bobo, otak belum bisa istirahat ideal, soalnya dia masih harus kerja mencerna makanan yang kamu makan, kacian khan…

#Jangan juga tidur pas lagi kelaperan. Hal ini tentu saja akan membuatmu gak bisa bobo, otak akan terus bekerja memberi signal lapar. Tidur sambil bunyi miskol dari perut khan gak nyaman dunk.

#Jangan stress!!! Stress khan berarti banyak pikiran, berarti otak masih kerja mikirin masalah2 itu, just let it flow ajalah. Masalah seperti batu di tanah yang akan membuat akar yang kita miliki nambah kuat menjalani kehidupan. Lho lho koq jadi berfilsuf ria gini… heheh

#Pake piyama yang nyaman kayak berbahan cotton (katun), soalnya lembut dan gak bikin kulit ngerasa gak nyaman. Tidur kok pake celana jeans. -_-

#Ada yang menyebutkan bahwa menyemprotkan parfum dengan aromatherapy yang sifatnya relaxing/menenangkan (bukan putaw lho!!) akan bikin kamu tambah nyenyak.

#Hindari nyamuk+their best friend kecoak. Hiyy… masak bobo bareng mereka?? Kagak canggih banget seh… Semprot cairan pembasmi serangga yang berbahan alami dan gak menusuk hidung aromanya. Atau yang lebih aman pakai lotion antinyamuk.

Yak, selesai deh, itu tipsnya. Heheh… dijamin bakalan bikin kamu sleep addicted deh kayak sleeping beauty.

They quote you:
Jika kita tidak dapat mengakhiri perbedaan yang ada, paling tidak, marilah kita ciptakan dunia yang tenteram dalam kondisi berbeda itu.
>>>John F. Kennedy (mantan presiden AS)

2 komentar:

  1. setelah baca-baca tulisan kamu, sepertinya kamumah gak perlu tips" tidur nyenyak itu, karena apa? karena emang kamumah tukang tidur, dan susah bangunnya.... (menurut tulisan kamu sendiri loh), sampe jam weker 4 biji pun masih gak bisa bangun... hahahaha

    BalasHapus
  2. yahh... saya hanya membantu orang2 yg tidak senasib dengan saya hueheh...

    BalasHapus

Comment anything, ask me anything :)