Sabtu, 28 Juni 2008

Merokok Usia Muda Berisiko Tinggi Kanker Payudara

Merokok Usia Muda Berisiko Tinggi Kanker Payudara

Kalbefarma-Wanita yang memiliki kebiasaan merokok di usia muda dan belum pernah mengandung anak pertama, memiliki resiko 20% lebih tinggi menderita kanker payudara dibandingkan wanita yang baru mulai merokok setelah memiliki anak pertama atau tidak merokok sama sekali, dilaporkan oleh Mayo Clinic Proceeding dari suatu hasil studi.

Penelitian ini menunjukkan bahwa wanita harus menghindari kebiasaan merokok, terutama bagi wanita yang berusia muda. Saat ini terjadi peningkatan angka kebiasaan merokok pada wanita usia muda, dikatakan Janet Olson, Ph.D, kepala peneliti dari Mayo Clinic Proceeding.

Perkiraan risiko wanita muda yang merokok sebelum mengandung anak pertama meningkat 20% terhadap kanker payudara, sedangkan menurut Dr.Oslon, wanita yang mulai merokok setelah melahirkan anak pertama memiliki rata-rata yang sama dengan wanita yang tidak merokok.

Para ahli tidak mendapatkan bukti apakah lamanya merokok atau jumlah batang rokok perhari yang memengaruhi risiko terjadinya kenker payudara.

Menurut para ahli, wanita usia muda (dibawah 20 tahun) bila mereka sudah mengandung dan memiliki anak, risiko terkena kanker payudara menjadi lebih kecil dibandingkan wanita yang baru memiliki anak pertama setelah mereka berusia di atas 35 tahun. Kanker payudara seringkali menyerang sel payudara wanita yang tidak menyusui anaknya atau tidak memiliki anak. Pada saat wanita untuk pertama kalinya melahirkan anak, payudaranya akan mengalami perubahan, yaitu memiliki kemampuan untuk memberikan susu ASI kepada anaknya, sedangkan sel payudara wanita yang tidak mengalami perubahan fungsionalnya tampaknya mudah mengalami kerusakan akibat bahan kimia asap rokok, dan menyebabkan terjadinya kanker.


Taken from : Voice of Faith

Teori Asal Usul Kehidupan

Teori Asal Usul Kehidupan

1. Teori Abiogenesis (Generatio spontanea)

Teori : Kehidupan terjadi secara spontan dari benda mati.

Para pendukung:
a) Aristoteles
Beliau mengamati ikan-ikan yang hidup di air, ia melihat ikan tertentu keluar dari lumpur. Menurutnya, ikan-ikan berasal dari lumpur.

b) Nidham
Beliau merebus air kaldu kemudian memasukkannya ke dalam botol, lalu menutup rapat botol tersebut dengan gabus. Ternyata, beberapa hari kemudian muncul bakteri. Nedham menyimpulkan bahwa, bakteri berasal dari kaldu. Padahal, Nidham hanya merebus kaldunya tidak dengan botolnya, dapat disimpulkan bahwa, bakteri berasal dari botol yang tidak steril.

c) Antonie Van Leeuwenhoek
Dengan mikroskop penemuannya, beliau menemukan benda-benda aneh yang terdapat dalam setetes air rendaman jerami.

2. Teori Biogenesis

Teori : Omne vivum ex ovo, omne ovum ex vivo (semua kehidupan yang ada, berasal dari kehhidupan sebelumnya).

Para pendukung:
a) Francesco Redi (1626-1697)
Beliau melakukan percobaan dengan memasukkan daging ke dalam wadah yang terbuka, dan ke dalam wadah yang tertutup kain kassa. Pada wadah terbuka, belatung muncul dari daging, sedangkan pada wadah tertutup kain kassa, belatung terdapat pada kain kassa. Beliau menyimpulkan belatung berasal dari telur yang ditinggalkan oleh lalat.

b) Lazzaro Spallanzani (1729-1796)
Percobaannya adalah memasukkan kaldu yang sudah direbus ke dalam tabung yang sedang direbus. Lalu setelah beberapa hari, muncul mikroorganisme yang disimpulkan berasal dari udara, karena tabung tersebut tidak ditutup rapat.

c) Louis Pasteur (1822-1895)
Pecobaan yang dilakukannya adalah dengan merebus kaldu di dalam tabung yang lehernya berkelok-kelok seperti leher angsa. Tujuannya adalah agar bakteri terperangkap/menempel di leher tabung, tetapi masih ada kontak antara kaldu dengan udara. Hasilnya setelah beberapa hari, tidak ada bakteri yang muncul. Beliau menyimpulkan bahwa bakteri bukan berasal dari kaldu dan juga bukan berasal dari udara. Dari percobaannya ini, lahirlah teori biogenesis yang berhasil menjadikannya sebagai father of biogenesis.

Senin, 09 Juni 2008

Hari yang Hilang

Hari yang Hilang

Bapak Harold Hill adalah presiden direktur dari perusahaan Curtis Engine di Baltimore Maryland. Perusahaan beliau bergerak di bidang pendidikan ke-antariksaan dan percobaan-percobaan yang berhubungan dengan semua masalah tata surya dan alam semesta. Salah satu penemuan mereka yang dapat saya katakana menakjubkan adalah ketika mereka melakukan percobaan di Green Belt, Maryland. Percobaan mereka adalah mengecek kebenaran perhitungan manusia dalam sistem penanggalan yang dipakai sekarang ini, mengecek keabsahan dari posisi matahari, bulan, dan planet-planet di tata surya untuk jangka waktu 100 dan 1000 tahun ke belakang dari sekarang.

Sebenarnya inti utama dari percobaan mereka adalah agar mengetahui semua pergerakan alam semesta untuk masa yang akan datang, sehingga jika mereka akan mengorbitkan satelit, maka satelit tersebut akan diletakkan/diorbitkan pada posisi yang hampir tidak mungkin bertabrakkan dengan benda asing di alam semesta. Karena mereka berpikir bahwa sebuah satelit yang memakan biaya jutaan amerika, alangkah sayangnya jika sewaktu-waktu ditabrak misalnya oleh meteor atau komet. Mereka menjalankan computer untuk menghitung mundur untuk beberapa abad, tetapi hasil yang didapat adalah computer selalu berhenti berproses. Mereka lakukan berkali-kali tetapi hasil yang didapat adalah sama, computer mereka mengalami masalah penghitungan. Perlu Anda ketahui, jika computer tidak dapat melakukan suatu perhitungan, maka hasil yang didapat adalah aksi diamnya computer, seperti tidak melakukan apa-apa.

Mereka lalu memanggil ahli mekanik computer, karena para ahli ini berpikir bahwa ini adalah kesalahan yang dibuat oleh computer mereka. Ketika para teknisi computer memeriksa mesin computer tersebut, mereka tidak menemukan sedikit kesalahanpun pada mesin tersebut. Tetapi ketika para ilmuwan itu menunjukkan kesalahan yang dibuat oleh computer, teknisi computer juga bingung, “Apa masalahnya ya.”

Mereka terus mencari kesalahan yang dibuat oleh computer mereka, akhirnya mereka menemukan sesuatu yang membuat computer itu tidak bekerja. Mereka menemukan adanya HARI YANG HILANG dalam jangka waktu tertentu. Mengapa bisa demikian? Mereka tidak dapat menemukan jawabannya. Akhirnya, salah seorang pekerja di perusahaan itu tetapi dari divisi yang berbeda dan seorang Kristen berkata kepada mereka, “Saya ingat ketika saya dulu sekolah minggu, guru sekolah minggu bercerita tentang matahari yang diam tidak bergerak satu hari penuh.“ Orang-orang di sekitarnya tidak percaya apa yang dikatakan oleh orang Kristen tadi, kata mereka, “Tolong buktikan dan tunjukkan kepada kami.” Lalu orang tersebut membuka Alkitab dan menunjukkan kepada mereka kitab Yosua. Alkitab menceritakan ketika pasukan Yosua dikelilingi oleh musuh-musuhnya, ia meminta kepada Tuhan agar tidak terjadi malam. Dan Alkitab mengatakan bahwa matahari, bulan, bintang, dan semua tata surya diam tidak bergerak selama satu hari penuh.

Setelah pembuktian tersebut, para ilmuwan berkata, “Inilah hari yang hilang itu!” Mereka kemudian melanjutkan perhitungan hari yang hilang itu agar computer tidak lagi berhenti berproses. Tetapi setelah program selesai diperbaiki, computer tersebut tetap mengalami masalah, dan mereka menemukan kembali perhitungan yang baru bahwa hari yang hilang itu adalah 23 jam lebih 20 menit! Tidak 24 jam/satu hari penuh seperti yang dikatakan dalam Alkitab. Berselang beberapa jam, pegawai Kristen tadi berkata kembali, “Saya ingat kejadian yang lain dalam Alkitab di mana matahari BERGERAK MUNDUR.” Ia membuka kitab II Raja-raja di mana Yesaya meminta kepada Tuhan agar matahari bergerak mundur sebanyak 10 derajat! Mereka terperanjat kaget, karena para ilmuwan tersebut tahu persis bahwa 10 derajat dari pergerakan matahari adalah tepat 40 menit! 24 jam permintaan Yosua kepada Tuhan dan permintaan Yesaya kepada Tuhan adalah 24 jam dikurangi 40 menit= 23 jam lebih 20 menit.

Hampir satu hari penuh alam semesta kehilangan harinya. Tepat seperti apa yang para ilmuwan hitung dengan komputernya.

Kebesaran Tuhan dibuktikan kembali dengan ilmu pengetahuan, Alkitab tidak pernah salah!!! Puji Tuhan.


Taken From: Tabloid rohani ‘Voice of Faith’ edisi 2/ thn.1/ 2006



Look:

Yosua 10:12-15
Lalu Yosua berbicara kepada TUHAN pada hari TUHAN menyerahkan orang Amori itu kepada orang Israel; ia berkata di hadapan orang Israel: “Matahri, berhentilah di atas Gibeon dan engkau, bulan di atas lembah Ayalon!” Maka berhentilah matahari dan bulan pun tidak bergerak, sampai bangsa itu membalaskan dendamnya kepada musuhnya. Bukankah hal itu telah tertulis dalam Kitab Orang Jujur? Matahari tidak bergerak di tengah langit dan lambat-lambat terbenam kira-kira sehari penuh. Belum pernah ada hari seperti itu, baik dahulu maupun kemudian, bahwa TUHAN mendengarkan permohonan seorang manusia secara demikian, sebab yang berperang untuk orang Israel ialah TUHAN. Kemudian Yosua dan seluruh orang Israel kembali ke tempat perkemahan di Gilgal.

2 Raja-raja 20:9-11
Yesaya menjawab: “Inilah yang akan menjadi tanda bagimu dari TUHAN, bahwa TUHAN akan melakukan apa yang telah dijanjikan-Nya: Akan majukah bayang-bayang itu sepuluh tapak atau akan mundur sepuluh tapak?” Hizkia berkata: “Itu perkara ringan bagi baying-bayang itu untuk memanjang sepuluh tapak! Sebaliknya biarlah baying-bayang itu mundur ke belakang sepuluh tapak.” Lalu berserulah nabi Yesaya kepada TUHAN, maka dibuat-Nyalah baying-bayang itu mundur ke belakang sepuluh tapak, yang sudah dijalani baying-bayang itu pada penunjuk matahari buatan Ahas.

Senin, 02 Juni 2008

Unknown

SPMB kayaknya ganti nama deh, jadi SNMPTN hah… nambah susah aja nyebutinnya. Tahun lalu aku ngambil farmasi ITB ama farmasi UNPAD dan dua-duanya berhasil ditolak. Fyuhh… capek juga.

Kenapa capek? Soalnya tahun ini aku gak sama sohibku lagi, taon kemaren kan kita berjuang sama-sama, eeh dia masuk matematika UPI kerenlah. Chayo Fan!!! Tapi kalo aku sih gak akan kuliah di UPI ah… jauh banget bo’ udah kayak ke luar kota aja itu mah. Ngelewatin hampir 3 terminal dah. Huehe…

Yup, kembali ke topic. Aku mau ngambul jurusan apa yaa tahun ini. Di dalam benakku, aku masih dan tetap bermimpi menjadi seorang pharmacist alias apoteker. Hhh… semua keadaan sepertinya tidak memdukung ke arahku. Ini seperti sebuah reaksi kimia yang tidak memiliki konsentrasi katalis sedikitpun, dan tidak ada pengaturan volume, molaritas, atau suhu yang bisa mendorong reaksi itu bergeser ke arahku. Ceilah…

Kenapa aku bilang begitu? Karena hampir semua orang, gak percaya kalo aku bisa masuk jurusan Farmasi apalagi ITB. Pertama, mama dan papa, mereka malahan udah nyaranin untuk ikutan seleksi universitas swasta, nggak sampe di situ, temennya papaku sempet ngetawain aku ketika tahun kemarin aku gak lulus, dan mereka kayak ngeyakinin papaku kalo aku gak bisa masuk jurusan itu. Temen-temen aku yang kuharapkan mendukung aku, membakar semangatku, malah menurunkan suhu. Semua keadaan di sekelilingku sepertinya tidak sedikitpun yakin pada kemampuanku.

Mereka bersembunyi di balik alasan untuk keselamatan masa depanlah, demi umur yang nambah tualah, dan alasan-alasan lainnya yang sebenernya mereka tuh ingin bilang kalo aku memang tidak mampu. But don’t you remember guys? I don’t struggle by myself, but my GOD, my JESUS, and my HOLY SPIRIT always with me. And I know that GOD can do something amazingly through HIS tremendous power.

Ada seseorang pernah bercerita padaku. Jika kamu berada di suatu panggung pertunjukkan, lalu kamu melakukan sesuatu yang membuat orang-orang yang menontonmu tidak menyukaimu lalu melamparimu dengan tomat, ambillah tomat itu, lalu makanlah di depan mereka. Karena ketika kamu memakan tomat itu, kamu akan lebih kuat, dan mereka akan melihat seberani apa dirimu.

Kalo sekarang aku diibaratkan sebagai orang yang ada di panggung pertunjukkan itu, maka ejekan-ejekan, ketidakyakinan, menjadi tomatnya. Yah, tomat kan banyak mengandung lycopene yang ampuh mencegak kanker, aku akan tambah kuat dan sehat dan yang pastinya jauh dari sariawan. Halah…

Kadang hati ini sudah ingin menangis, bahkan tak jarang aku pergi ke kamar lebih awal untuk menangisi semua keadaan si sekelilingku. Tapi satu-satunya pribadi yang ngehibur aku cuma HOLY SPIRIT. DIA meyakinkanku bahwa aku punya TUHAN yang luar biasa yang selalu merencanakan masa depanku menjadi yang terbaik untukku. Aku saat ini Cuma bisa berencana aja tapi semua kendali ada pada-NYA. Jadi, HOLY SPIRIT juga mengingatkanku sebuah kalimat yang pernah aku baca yang benar-benar gak konsekuen. Kalimatnya seperti ini: “Karena TUHAN-ku luar biasa dan menakjubkan dan super genius, maka aku gak bisa lulus SPMB.” Coba baca dan pahami ketidakmasukakalannya. Yah… I usually laugh it up and rebuilt my confidence.

Karena kalimat itu gak masuk akal, berarti ketidaklulusanku juga gak masuk akal. Ya, amien…

JESUS I give thanks for every morning I wake myself up. YOU always be there beside me, and give me a new fire. When I hurt, I always can recover myself in the might of your love…

I’m nothing without YOU.

They quote you:
“Success is an ability to go from failure to failure without losing enthusiasm.”
>>> John F. Kennedy

Unknown

Sekarang ini aku sedang putus asa. Aku mempercayai adanya sesuatu, namun sesuatu itu tak pernah muncul… sampai kapan aku harus menunggu. Aku telah mempertaruhkan harga diriku untuk mempercayai sebuah kenyataan, namun sampai saat ini kenyataan itu belum muncul juga, apa memang TUHAN tak mengizinkan semua yang aku harapkan terjadi?

Saat ini aku benar2 sedih, dan tak tahu lagi apa yang harus aku lakukan, jika memang aku harus kehilangan sesuatu, ok, aku tak mungkin mengingkarinya karena semuanya yang pernah kulihat, tak ada satupun yang milikku. Tapi kumohon lakukan semuanya itu dengan waktu yang secepat-cepatnya, karena aku sudah tak tahan melihat keadaan ini…

Manusia diciptakan di bumi tidak untuk memiliki sesuatu. Mengingat hal ini, tiba-tiba aku sadar bahwa semua yang setiap waktu kita lihat bukanlah milik kita. Laptop keren, Hape 3,5 G, mobil, binatang peliharaan, bahkan orang-orang yang kita sayangi, semua itu bukan milik kita, kenyataan yang lebih tragis adalah diri kita sendiripun bukanlah milik kita. Karena semuanya bisa muncul begitu saja, dan bisa hilang begitu saja. Tanpa sekehendak kita.

Setelah sadar akan hal ini, tiba-tiba, semua yang kujaga saat ini dan semua yang ada di hidupku saat ini menjadi tak berarti lagi karena aku tahu suatu saat nanti mereka akan hilang dan tak akan pernah bisa kutemukan kembali. Hikss…

Hidup benar-benar aneh… mungkin terlihat aneh dan sulit dimengerti. Banyak sekali ilmuwan yang meneliti tentang asal-usul kehidupan, mulai dari yang paling tua, seperti Aristoteles, Franscisco Redi, Louis Pasteur, Harold Urey, sampai yang paling muda seperti aku, hehe,,,

Tapi aku sungguh serius. Kehidupan ini sulit dimengerti dan dipahami, pikiran kita tak sanggup menggapai ketinggian pikiran TUHAN. Hahaa.. aku merasa seperti seekor semut yang bertanya bagaimana caranya menciptakan computer dari gula.

Pertanyaanku sekarang adalah, apakah perasaan cinta itupun bukan milik kita? Menurutku itu milik kita, karena kita tetap bisa mencintai sesuatu di bumi ini, dan tetap mencintainya meskipun dia sudah tak ada lagi dan tak mungkin tercipta kembali. Cinta… tapi mencintai hanya sebatas perasaan saja, sama sakitnya. Mencintai, tapi tak bisa melihat sesuatu yang kita cintai itu.

Biar bagaimanapun, selama jiwa ini bisa menyimpan cinta, aku akan tetap menjaganya. Meskipun sesuatu yang kucintai tidak ada lagi.

Yang lebih membahagiakan, kita punya sesuatu yang abadi. Jesus, I know YOU’re the eternity. Dan kita bisa mencintai-Nya tanpa akan kehilangan lagi. Karena jujur, aku telah muak untuk sesuatu yang namanya kehilangan.

I’ll love YOU JESUS till ever more…