Minggu, 05 September 2010

Lihat Kebunku =p

September 5 2010

As we know, nowadays global warming attacks our earth. The scientists, intelligent people, also government, work together to solve the problem. But the fact is, no matter how hard they struggle, but all they can do is not solving the problem but only decrease the effect of global warming. Yahh... sapa juga yang bisa benerin atmosfir bumi. Wkwkwk...

As I said, semua yang kita lakuin, gabisa memperbaiki keadaan bumi seperti awal. Ibarat cacar, meskipun cacarnya sembuh, tapi bopengnya susah ilang. Haha... ga nyambung. Tapi yahh... kayak gitu keadaan bumi kita sekarang atmosfernya udah susah dibenerin, meskipun nih (agak mustahil sih) suatu saat nanti misalkan udah ga ada global warming, tetep aja atmosfir udah terlanjur menipis.

So, what can we do to decrease the global warming? Yak, mari kita mulai dari hal yang kecil dulu. Nanem tanaman adalah salah satu langkah kecil yang berpengaruh besar kalo dilakukan secara bersamaan. Apa??? Ga suka taneman? Waduhh... sinisini kenalan dulu sama beberapa taneman yang saya punya. Kali aja dapet inspirasi buat bikin kebun kecil depan rumah. Hehe...

Oke, kita mulai dari tanaman kecil yang satu ini. Ini adalah tanaman yang paling saya suka. Kenapa? Karena bentuknya unik, dan daunnya lucu. Nanemnya juga ga begitu susah. Taneman ini sejenis sukulen gitu, tapi gatau juga spesiesnya apa. Awalnya tumbuh sendiri, tapi pas dipindahin ke pot dan dirawat, eeeeeeh... jadi bagus loh. Karena batangnya kurus dan panjang, sedangkan daunnya lumayan lebar, kalo ketiup angin, dia goyang-goyang gitu. Haha... Lucu deh. Cocok buat kamu-kamu yang suka taneman hias.


Taneman yang kedua ini, pasti udah banyak yang tau ya. Yep!!! Ini taneman stoberi. Hihihi... Sebenernya mungkin tanaman ini cocoknya ditanam di daerah dataran tinggi. Tapi ga ada salahnya koq nyoba nanem tanaman ini di dataran rendah, yang penting, perhatiin aja nutrisi tanah dan airnya. Kali aja bisa jadi pengusaha stroberi. Wkwkwk... Tanaman ini emang gampang-gampang susah ngerawatnya, tapi semua yang susah-susah itu kebayar koq kalo udah nikmatin buahnya. Taneman ini cocok banget buat kamu-kamu yang suka tanaman hias dan buah. Pohonnya pendek dan mungil, ditaro di pot jadi lucu. Kalo berbuah, tinggal dimakan, atau bisa juga dijadiin masker alami buat bikin muka seger dan merona (halah).


Nah, kalo taneman yang ketiga ini merupakan taneman hias juga. Nanemnya gampang banget, selain itu, taneman ini ga membutuhkan terlalu banyak sinar matahari. Jadi bisa ditaro di teras, atau lobby rumah yang  kena sedikit sinar matahari. Nyiramnya jangan terlalu banyak yaa... soalnya daunnya bisa cepet kuning. Hehe... Taneman yang ini mudah banget berkembang biak. Cara perkembangbiakannya vegetatif, yaitu stolon (geragih). Jadi, dalam beberapa bulan aja, kamu bisa dapetin lebih dari satu pohon. Kali aja bisa jadi pengusaha taneman hias. HAhaha...


Nah, yang ini agak beda tanamannya. Ini adalah pare. Nanemnya gampang-gampang susah. Harus kena banyak sinar matahari, dan ga boleh kebanyakan air. Sebenernya jarang banget ya, anak muda yang suka makan pare (saya juga ga suka sih) tapi selain buat dimakan, alternatif lain, taneman ini bisa jadi penyejuk rumah. Karena merambat, tinggal bikin pager2 kecil di atap rumah, jadi dehh rumah yang sejuk dan teduh, adem deh jadinya. Hehe... Bentuk daunnya bagus, mirip ganja. Wkwkwk... jadi daripada makan ganja, mending makan daun pare, sehat tuh, bisa memperlancar pencernaan. Hehe...


 Taneman yang ini, saya inget banget dah, soalnya waktu SD juga kan sering jadi topik pembicaraan di pelajaran IPA, yeah... taneman ini adalah salah satu taneman yang berkembang biak secara stek daun. Gilaaa!!! Cepet banget nih perkembangbikannya. Dari satu daun aja kamu bisa dapet sampe 20 individu taneman baru. Namanya latinnya adalah Kalanchoe pinnata atau lebih sering dikenal dengan nama sosor bebek. Dinamain kayak gitu soalnya emang bentuk daunnya mirip mulut bebek yang lagi nyosor. Haha... Daunnya tebel, dingin, dan mengandung banyak air. Kalo rajin ngerawatnya, taneman ini juga bisa berbunga. Lumayan bagus koq bunganya. Tapi sayang saya ga punya contoh fotonya, soalnya lagi pada ga berbunga. -___-'


Ini adalah taneman kunyit. Buat cewe-cewe yang pengen langsing, silakan tanemilah kebunnya dengan kunyit. Haha... trus jangan lupa dicangkul juga kalo bisa (kan pengen kurus). Yep, ini kunyit, tanemannya pendek dan ber-rhizoma. Rhizoma tuh disebut juga umbi boongan karena umbi tersebut lebih mirip batang secara fungsional. Nanemnya gampaaaaaaaang banget, kamu tinggal beli aja kunyit di pasar, abis itu letakkan di permukaan tanah, besok-besok langsung numbuh daun dah. Gampang kan? BUat yang pengen langsing, kunyitnya bisa diolah jadi kunyit asem, lebih alami, tanpa zat aditif. Kalo yang udah langsing, gapapa tanem aja. Soalnya daunnya beraroma khas yang lumayan bisa ngusir nyamuk depan kosan ato depan rumah. Hehe... Selain kunyit, masih banyak taneman lainnya yang setipe.  Contohnya jahe, kunci, gembok, temulawak, dll deh. Selaen bisa ngurangin global warming, umbinya bisa dimanfaatin. BUat bikin wedang, teh, atau obat. HEhe...


Nah, yang ini keterlaluan kalo ga pada tau. YAng ini pohon cabe rawit. Cewe-cewe yang suka pedes, tanemlah pohon cabe rawit. Wkwkwk... Gampang koq nanemnya. Kalo udah berbuah, bisa langsung dipetik buat dipake temen makan bakso, atau makan gorengan. Hehe... Daunnya lumayan lebat, bisa jadi penyejuk juga. =)

Taneman-taneman yang tadi dibahas, adalah taneman-taneman yang pendek dan perdu. Soalnya kalo nanem pohon yang lebih gede (duren contohnya) ga semua orang punya ruang yang besar buat nanem pohon segede gitu. Kalo taneman-taneman mini yang bisa di tanem dalem pot kan semua orang bisa. Tinggal simpen depan rumah, depan kosan, atau di balkon rumah. Nah, itu cuma sebagian referensi taneman yang bisa ditanem di ruang sempit. Buat yang masih bingung mau nanem apa, bisa browsing atau pergi aja ke Cihideung-Bandung. Di situ pusatnya taneman. Murah dan banyak macemnya. Seruuuu banget kalo ke situ. Sekalian refresh otak. :)

Taneman yang udah dibahas emang cuma taneman-taneman kecil, tapi sekecil apapun taneman itu, tetep bisa menyerap karbondioksida dan mengkonversinya menjadi oksigen. Bayangin aja kalo ada seribu orang aja yang mulai nanem taneman dalam pot, udah ada seribu taneman. Dan pastinya mengurangi beban bumi kita yang sakit ini. Mau cewe/cowo, ngekos/ngerumah, muda/tua, yoayo kita tanem taneman, nanemnya gampang, tapi bakal bawa efek besar kalo dilakukan bersama. :)

Rawatlah bumi, karena bumi adalah rumah kita, so make it better guys!
=)

Semangat yaa... silakan dicoba.

Senin, 28 Juni 2010

Marmut Merah Jambu


Yeah... buku yang dirilis 1 Juni kemaren ini, is Raditya Dika's fifth book. Setelah Kambing Jantan, Cinta Brontosaurus, Radikus Makankakus, dan Babi Ngesot, buku kelima yang judulnya masih membawa nama binatang ini agak beda dengan buku-buku sebelumnya soalnya di buku ini Raditya lebih menonjolkan kisah-kisah yang berbau "Love" dan lebih bercerita banyak tentang kisah-kisah cinta yang dialaminya.

Meskipun temanya lebih ke "love", tapi teteup buku ini adalah buku komedi. Jadi nggak ada satu bagian kisah pun yang tanpa ketawa bacanya. Hehe...  Bagian yang paling saya suka adalah yang judulnya "Misteri Surat Cinta Ketua OSIS", gila, yang ini aku suka banget. Lucuuuu... haha...

Tapi ada beberapa bagian yang agak "nakal" haha... sampe perlu mikir berkali-kali untuk ngasi pinjem sama mama. Hihihi... Well, secara umum tulisannya makin bagus aja, dan tetep nggak berkurang lucunya. Dan, dari kelima bukunya, saya paling suka cover yang ini, soalnya lebih colorful dan enak diliat.

Oia, di sini juga pertama kalinya saya liat gambarnya Raditya, sebelum-sebelumnya kan temennya yang bikin tuh. Hehe... tapi nggak jelek-jelek amat koq gambarnya. Lumayan bagus. Wkwkwk...

Karena bukunya adalah kumpulan kisah, bukan satu ceria yang nyambung, jadi gabisa dibikin sinopsisnya dehh... hehe...

Meskipun bukunya tebal (baca: 218 halaman), tapi tetep nggak kerasa koq bacanya. Hehe... lebih kerasa lagi menghibur diri daripada baca buku. Kelebihan lainnya adalah buku ini nggak monoton, nggak long teks melulu kayak buku-buku lainnya, tapi kadang ada potongan surat, atau halaman chatting. Hehe... Good job!!!


**** 4 stars for this book. =)

Minggu, 27 Juni 2010

Delete Me Not

Genre: Comedy
By: Alip Yog Kunandar

Buku ini bercerita tentang seorang pemuda asal Makassar dalam perjalanannya mencari cinta. Hueheheh... Nama pemuda ini adalah Sam, ceritanya dia cinta sama seorang cewek di Makassar, tapi si cewek ini plin plan banget. Nolak, tapi masih ngarep. Malu malu kucing garong gitu deh. Haha...

Ceritanya jadi lucu soalnya sang penulis ngebuat tokoh Sam sebagai orang yang okot (logat Makassarnya kental banget dimana akhiran -n jadi -ng, dan sebaliknya). Ex: Maling kundan=maling kundang. Haha... bodorlah pokoknya. Si Sam ini akhirnya mencari pekerjaan di Jakarta, setelah sebelumnya menjadi tukang sablon, akhirnya dia diterima sebagai designer grafis di sebuah perusahaan design. Di perusahaan ini dia ketemu sama temen-temen dan bos yang baiiiik banget, sampe-sampe mau ngebikinin blog khusus demi nyari jodoh buat Sam, soalnya Sam stress mulu mikirin cewek Makassar yang tak kunjung menerima cintanya itu.

Dari blog tersebut, akhirnya Sam berhasil nge-date sama beberapa cewek, mulai dari yang mantan cowok (operasi jadi cewek), sampe akhirnya ketemu seorang cewek muda asal Ciamis. Hehe...

Di akhir cerita, ada suatu periode dimana Sam harus memilih, antara cewek Makassar atau Ciamis. Soalnya si cewek Ciamis udah mau nerima Sam. Tapi akhirnya, Sam milih cewek Ciamis dong. Hehehe...

Jalan ceritanya cukup simpel dan merupakan hal-hal yang sering terjadi di sekitar kita, tapi dengan unik sang penulis bisa bikin jadi buku komedi. Lewat dialog-dialog yang bodor dan nyeleneh. Hehe... Kekurangannya, saya nggak suka kalo ramalan dijadiin suatu faktor penentu kehidupan. Well, but generally this book is quite good. Lucu. Heheh...

*** 3 stars for this book. =)

The Alchemyst

The secrets of the immortal Nicholas Flamel
Genre: Fantasy

Kebenaran:
Nicholas Flamel, yang lahir di Paris pada tanggal 28 September 1330, dikenal sebagai alchemyst termasyur di masanya. Ia berusaha menciptakan ramuan untuk hidup abadi, dan mengubah logam biasa menjadi emas murni. Menurut catatan, sang alchemyst meninggal pada tahun 1418, tetapi ketika dibongkar, ternyata makamnya kosong!!!

Legenda:
Nicholas Flamel masih hidup karena ia berhasil menemukan ramuan untuk hidup abadi. Semua rahasianya ada dalam buku Abraham The Mage (Abraham Sang Magus/ Codex). Jika jatuh ke tangan orang yang salah, buku itu dapat membawa petaka bagi umat manusia.

Terkadang legenda merupakan kebenaran.

Yeah... itulah tulisan yang tercantum di sampul belakang buku yang tebalnya 503 halaman ini. Cukup menarik bukan? Waktu pertama kali baca sinopsisnya, kirain si Nicholas Flamel ini cuma tokoh hayalan yang dibikin sama sang penulis, Michael Scott. Tapi ternyata memang beneran.

Ceritanya persis kayak yang tercantum di legenda di atas. Alkisah, ada sebuah buku yang dinamain Abraham The Mage (Codex). Awalnya buku ini biasa-biasa aja. Namun, setelah seorang pria bernama Nicholas Flamel membelinya dan menerjemahkan kode-kode rahasia di buku tersebut, ternyata buku itu mencantumkan banyak sekali resep-resep ramuan yang luar biasa hebatnya. Setelah mempelajari buku itu, Nicholas Flamel mampu mengubah batu menjadi emas dan permata, dan dia beserta isterinya, Perenelle Flamel bisa hidup ratusan tahun tanpa menua.

Nicholas beserta Perenelle hidup berpindah dari satu tempat ke tempat lain, dan menjalani berbagai macam profesi. Mulai dari guru kimia, ahli ramuan, bahkan penjual buku (mirip kayak keluarga Cullen dalam buku Stephenie Meyer). Hal ini tentunya dilakukan untuk mengaburkan bahwa mereka hidup abadi dan tidak bertambah tua.

Ketika berprofesi sebagai ahli ramuan, Nicholas memiliki seorang murid brilliant bernama John Dee (tokoh ini beneran ada). Dee berguru pada Nicholas, awalnya dia murid yang pintar dan baik. Namun, setelah mengetahui keberadaan buku Codex, ada yang aneh dengan Dee.

Di buku ini, diceritain bahwa dulu dunia dikuasai oleh para tetua. Tetua ada yang baik, dan ada yang jahat. Yang baik, ingin terus hidup berdampingan dengan manusia tanpa mengganggu mereka. Yang jahat (tetua gelap) , ingin memusnahkan manusia untuk mengembalikan kekuasaan mereka seperti dulu. Namun, untuk mewujudkannya, para tetua gelap membutuhkan buku Codex.

Nah, Dee digambarkan sebagai sosok yang mengabdi kepada tetua gelap. Dia akhirnya ingin mengambil Codex, karena tetua gelap membutuhkannya. Nicholas yang mengetahui niat buruk Dee, akhirnya kejar-kejaran dengan Dee. Tapi, seperti biasa, tokoh baik selalu bisa lolos. Sampai akhirnya suatu siang, ketika Nicholas bekerja sebagai penjual buku, Dee menemukannya. Dee juga masih hidup karena pengaruh sihir dari tetua gelap. Di toko buku tersebut, Dee dengan beraninya bertarung dengan Nicholas  menggunakan sihir, di muka umum. Untungnya yang melihat pertarungan mistis itu cuma pegawai muda Nicholas, Josh Newmann yang berusia 15 tahun, beserta saudara kembarnya Sophie Newmann, yang tentunya usianya sama (kan kembar hehe).

Setelah terjadi pertarungan dengan menggunakan sihir antara Nicholas dan Dee, buku Codex berhasil jatuh ke tangan Dee, namun tanpa sengaja 2 lembar halaman terakhir, tersobek oleh Josh ketika tarik-menarik buku terjadi (emangnye tambang). Dee dengan begonya ga tau. Dia pergi begitu aja untuk lapor sama bosnya, para tetua gelap. Tapi sayangnya, dia berhasil menyandera Perenelle. Tanpa ramuan abadi, Perenelle dan Nicholas akan menua dan mati dalam 30 hari, dengan penuaan setahun setiap harinya.

Nicholas yang tau bahwa 2 lembar Codex masih ada di tangannya, harus berusaha kabur, biar Dee ga bisa ngambil 2 lembar itu. Dan, tentu saja Josh dan Sophie jadi ikut terancam bahaya, karena Dee bisa saja membunuh mereka untuk mendapatkan 2 lembar Codex karena mereka saksi yang ada di TKP dan memiliki kemungkinan tahu keberadaan 2 lembar Codex.

Tidak ada pilihan lain selain kabur sambil membawa Sophie dan Josh. Ada yang menarik perhatian Nocholas, si kembar ternyata memiliki aura yang warnanya sangat murni yang artinya kalo mereka dilatih sihir, mereka akan jadi penyihir hebat dan dahsyat. Satu lagi, di Codex diceritakan bahwa ada kembar yang bisa menghentikan kejahatan para tetua gelap, sehingga bumi selamat. Yakinlah Nicholas untuk melatih si kembar. Di perjalanan kabur, mereka juga dibantu oleh seorang vampir vegetarian yang merupakan generasi kedua (para tetua adalah generasi pertama) bernama Scathach.

Ceritanya jadi seru karena Mereka berempat harus kabur dari satu tempat ke tempat lain, dari satu tetua baik ke tetua baik lainnya untuk membangkitkan kekuatan sihir mereka. Di akhir cerita, Sophie udah dibangkitkan kekuatan sihirnya, sedangkan Josh belum, karena mereka dikejar-kejar terus sehingga nggak punya banyak waktu.

Ceritanya bersambung ketika Dee mulai membujuk Josh untuk bergabung dengannya, tapi Josh melarikan diri bareng sam Nicholas+Sophie. Well, gimana nasib mereka? Juga Perenelle yang dikirim ke penjara bawah tanah? Dan bisakah Nicholas merebut kembali Codex, sehingga dia dan isterinya gajadi mati? Well, tunggu saya baca buku selanjutnya yaa... ehehe...

Secara umum, buku ini bagus ceritanya, penuh fantasi dan saya suka. Tapi kadang deskripsinya terlalu rumit dan membingungkan di otak saya. Hehe... Tapi bagus koq, Michael Scott bisa menggabungkan beberapa fakta sejarah dengan imajinasinya yang bener-bener liar. Beberapa tokoh di buku ini (Nicholas Flamel, Perenelle Flamel, Dr.John Dee) dan beberapa tempat adalah nyata alias bener-bener ada. Masalah di mana Nicholas Flamel berada sekarang, Well, jangan tanya sayah. Hehe...

*****5 stars for this book =)

Jumat, 18 Juni 2010

Prince Of Persia

Kemaren ini abis nonton film sama temen, dan cukup impressed dengan film tersebut, dan mulai berpikir, koq film ga abis-abis ya? :p Film dan buku terus dibuat tapi cerita nggak pernah abis, seperti halnya musik --> the ancient stuff the earth have ever had, dari dulu ga pernah abis, padahal nadanya cuma ada 7, do re mi fa so la ti do. Huehe...
Bingung juga sama trend buku dan film yang lagi banyak dan booming. Kenapa banyak banget buku dan film yang temanya fantasi? Jalan ke toko buku, buku-buku dan novel-novel yang ada berbau fantasi, film-film yang lagi on di bioskop juga kebanyakan tentang fantasi.
Well, actually fantasy isn't too bad. Soalnya dalam dunia fantasi, semuanya jadi mungkin, semuanya jadi lebih luas, ga kayak dunia normal yang gitu-gitu mulu. Ngebosenin. Bangun tidur, makan, sekolah, kerja, makan, tidur lagi deh, bener tuh kata Mbah Surip. :)) Wkwkwkwk...
Well, film yang baru saja saya tonton adalah jeng...jeng...jeng... (-->lebaiii) The Prince of Persia (POP). Seriusnya ya, ni film keren banget!!! This is one of the best films I've ever watched. Banyak banget hal yang bisa jadi nilai plus di film ini. Pertama, jalan cerita yang keren, kompleks dan seru!!! Menurut saya, film yang jalan ceritanya keren adalah film yang ga bisa ditebak ceritanya, jadi dia bisa ngasih kejutan-kejutan ke penonton.
Nilai plus yang lainnya adalah efeknya bagus banget, jauh beda sama film di negara kita. Semua audio dan visualisasinya keren banget, bikin kita mikir, "Waduh, bener ga sih kejadian kayak gitu bisa terjadi???"
Sebenernya film tuh kan adalah kumpulan adegan-adegan yang singkat trus dijadiin satu. Nah, film yang bagus, pasti bisa memberikan sesuatu, entah pesan atau pelajaran yang penting di setiap adegan.
Pemeran utama dari film ini namanya Dastan yang diperankan oleh Jack Gyllenhaal. Karakternya aku suka banget. Bener-bener pantes jadi prince, malahan jadi king of Persia juga pantes deh. Hehe... Dia emang boleh dibilang anak gembel yang diangkat jadi anak raja, tapi dia punya kualitas yang nggak kalah sama anak raja asli. Wuihiiii.... Lebih ganteng malah. Wkwkwk....
Dastan punya jiwa muda, petualang, pemberani dan ga gampang nyerah, apalagi cengeng. It's a kinda hero character. ^^, Dan satu lagi yang bikin tambah kagum adalah, dia punya strategi perang yang keren abisss...  seorang yang punya kapasitas untuk ngalahin belasan orang berbaju zirah.
Film ini boleh dibilang film yang lengkap banget. Ada fakta, fantasi, persahabatan, kebodoran, cinta, perjuangan, seneng, sedih, kesel, pokoe... lengkap banget dah.
Pelajaran yang bisa diambil juga banyak.
Pokoknya, recommended banget ni film.-->meskipun rada telat nontonnye... hihihi...
"Banyak orang pengen balik ke masa lalu untuk memperbaiki apa yang salah, tapi bagaimanakah kalo masa lalu itu adalah hari ini. Jadi perbaikilah hari ini!!! Hidup sebaik mungkin, bernapas selagi bisa, dan jangan lupa bertanggung jawab."
June, 19 2010

Sabtu, 20 Maret 2010

Deeper (The sequel of Tunnels)

Yeah... this is it, the second book of Tunnels book, written by the two talented writers, Roderick Gordon and Brian Williams. Buku dengan ketebalan sekitar 400 halaman ini, menceritakan banyak hal yang belum terungkap di buku Tunnels. Hha... membuat otak saya berimajinasi dan memikirkan, gimana kalo hal-hal dalam buku ini terjadi di dunia nyata, masalahnya, bukan hal yang nggak mungkin untuk membangun sebuah kota bawah tanah, wong bumi kita luas. Solusi ini menjadi solusi kepadatan penduduk yang lebih masuk akal daripada pindah ke Mars. Hahah...

Chapter pertama dari buku ini sedikit mengulas cerita yang ada di buku pertamanya. Jadi di bagian awal, diceritain tentang seorang wanita bernama Sarah Jerome, wanita ini ternyata adalah ibu kandung Will Burrows. Sarah ternyata adalah penduduk asli Colony, yang berarti, Will juga adalah penduduk asli sono, pantes aja kulitnya albino. Sarah menerima surat dari salah seorang rekan di Colony. Surat itu menuliskan bahwa Tam, kakaknya (oomnya Will) telah meninggal, dan yang membunuh Tam adalah Will sendiri. Selain itu, Will difitnah sebagai penculik adiknya, Call Dari situ, Sarah bener-bener shocked dan ada di kondisi antara percaya dan nggak percaya.

Sebenernya, Tam emang udah meninggal, tapi bukan dibunuh sama Will, tapi sama para Styx (pemerintah Colony yang kejam dan nyebelin). Jadi intinya ada yang mau membuat Sarah salah paham sama Will. Lalu, Sarah bertemu dengan anjingnya Call (hunter) bernama Bartleby. Tanpa sengaja, Hunter membuat Sarah tertangkap oleh Styx. Sebenarnya Sarah telah besembunyi ke dunia atas selama bertahun-tahun, namun kali ini, dia harus kembali ke kampung halamannya untuk menemukan fakta.

Di sisi lain, Will, Call, dan Chester telah sampai di Deeper, yaitu tempat pembuangan orang-orang nggak guna di Colony. Mereka akhirnya berpetualang di tengah kegelapan, berharap menemukan Mr.Burrows (ayah palsu Will). Tapi petualangan bawah tanah, membawa mereka jauhh... dan jauhhh... ke dalam perut bumi yang gelap dan asing.



Mrs.Burrows (ibu palsu Will) adalah orang yang paling jarang mengalami konflik. Gimana enggak, dia cuma duduk nonton TV sambil ngemil di tempat rehabilitasi.

Rebecca yang ternyata adalah anak salah satu Styx ternyata begitu cerdas karena rasa dendam yang dia miliki akibat kematian ayahnya oleh Tam. Dia membuat suatu strategi untuk memusnahkan Topsoilers (manusia penghuni dunia atas) dengan suatu virus bernama Dominion. Rebecca jugalah yang memutarbalikkan fakta sehingga Sarah membenci Will.


Will, Chester, dan Call ga cuma bertemu dengan makhluk-makhluk, tumbuhan-tumbuhan, atau tempat-tempat aneh, tapi mereka bertiga akhirnya ketemu dengan Drake dan Elliot. Mereka berdua adalah Topsoiler yang udah bisa bertahan hidup di sana. Oia, Call sempat mengalami koma. Drake dan Elliot mengajarkan mereka bertiga cara bertahan hidup di Deeper. Ngajarin mereka gimana caranya melarikan diri dari para Limiter.


Mereka sekarang jadi berlima. Mengalami berbagai cerita menarik. Lucu, menegangkan, takut, sedih, cemburu. Macem-macem deh. Tapi semuanya harus berakhir ketika Drake tertangkap oleh limiter untuk dibunuh. Dari situ mereka mulai ngerasa bersalah dan putus asa.


Akhirnya beberapa hal membuat mereka bertemu dengan limiter. LImiter itu mengejar mereka sampai akhirnya Elliot menembak dia. Eeehh... ternyata limiter itu adalah Sarah. Mereka akhirnya mengerti kesalahpahaman yang terjadi. Akhirnya mereka terus lari karena limiter lain dan Rebecca mengejar mereka.


Sampai suatu keadaan, mereka berempat, Elliot, Will, Chester, dan Call terjebak dan gabisa kemana-mana, akhirnya Rebecca bersama Limiter mengepung mereka. Cal yang putus asa akhirnya bertindak tolol dan mati di tangan Limiter. Di adegan ini, Rebecca membuka semua kejahatan yang telah, dan akan ia lakukan. Termasuk rahasia bahwa dia punya sodara kembar. Bagian ini yang paling seru dan menegangkan. Akhirnya Elliot punya jalan keluar, yaitu masuk ke sebuah sumur. Sedangkan Sarah ditolong oleh Drake yang ternyata belum mati. Drake nggak sengaja mendengar semuanya, dan di melarikan diri ke Topsoil. Dia ingin mencegah virus Dominion menyebar. Akhirnya ceritanya berakhir di situ. Mr. Burrows masih belum bertemu dengan Will. Dan, bagaimana Drake bisa menemukan Elliot, Will, dan Chester?


Buku kedua ini memang lebih tebal dari yang pertama, tapi lebih seru. Lebih kompleks klimaks-klimaksnya. So, the next target will be FREE FALL. :)


Two thumbs up for both of you!!!

   

Senin, 25 Januari 2010

Erec Rex-The Dragon's Eye


January 25 2010 2.15 pm

One more book about fiction story. Yep, sometimes I am fond of fiction book, especially fantasy book. Why? Becoz, it just like a cartoon film, everything can happens, no matter how impossible it is. Hahaha...

Buku karangan Kaza Kingsley dengan tebal 416 halaman ini, pernah disebut-sebut sebagai buku yang mirip dengan Harry Potter karangan J. K. Rowling. Kenapa? Karena memang setting tempatnya sama-sama di dunia sihir. Tapi, setelah membacanya, jalan ceritanya bener-bener beda koq.

Tokoh utamanya bernama Erec Rex. Dia adalah seorang anak laki-laki berusia 12 tahun yang tidak tahu siapa ayah dan ibunya, karena dari kecil dia hanya hidup dengan ibu angkatnya June O' Hara beserta saudara-saudara angkatnya yang lain. Kalo nggak salah ada 5 orang. Erec punya sebuah mata, mata yang satunya adalah mata plastik yang bisa dibongkar pasang. Dia nggak tau apa penyebabnya, ibu angkatnya juga nggak pernah ngasih tau. Awalnya mereka hidup di sekitar New York dengan nomaden dari satu apartemen ke apartemen laennya karena mereka sangat miskin (kalo di luar, biasanya harga apartemen lebih murah dari harga rumah, kalo di Indo kan kebalikannya).

Perjalanan Erec menguak misteri jati dirinya berawal dari perjalanan mencari ibu angkatnya yang udah seharian nggak pulang-pulang. Erec memiliki keanehan dalam dirinya, seperti suatu pikiran berkabut yang bisa menyuruhnya melakukan apa saja untuk mencegah hal-hal buruk yang akan terjadi. WOW!!! Keren!!! Tapi nggak menurut Erec, karena selama pikiran berkabut itu menyuruhnya melakukan sesuatu, dia akan merasa mual dan perasaan tidak nyaman pada perutnya. Nah, pikiran berkabut itulah yang menyuruhnya pergi dari apartemen untuk mencari ibu angkatnya, June.

Pikiran berkabut, membawanya ke sebuah stasiun di kota tersebut. Dari situ, Erec bertemu dengan seorang gadis penjaga kios koran yang sebaya dengannya bernama Bethany Evirly. Gadis ini ingin membantu Erec mencari ibunya, karena malam sebelumnya Bethany melihat June pergi ke suatu tempat. Akhirnya Bethany memberi tahu Erec, bahwa ada suatu jalan masuk melalui bawah jalan yang dimasuki oleh ibunya. Singkat cerita, mereka masuk melalui bawah jalan dengan bantuan sihir yang aneh. Tibalah mereka di sebuah stasiun yang membuat mereka benar-benar merasa dunia yang tadinya mereka tempati adalah dunia yang garing. Hahaha... Tempat apakah itu?

Erec dan Bethany nggak ngerti tempat apaan itu, yang jelas, tempat itu dipenuhi orang-orang, tapi melakukan hal-hal yang aneh, terbang, masuk melalui pintu yang kemudian pintunya hilang (kek pintu doraemon), keluar masuk terowongan aneh, mata uang yang aneh, dan hal-hal aneh lainnya.

Akhirnya mereka bertemu dengan Jack dan Oscar. Mereka berdua menyarankan Erec untuk mencari ibunya di Alypium. Apa itu Alypium?

Ternyata pertemuan dengan Jack dan Oscar sedikit memberi penjelasan tentang hal-hal aneh yang mereka lihat. Jack kaget, mengetahui mereka (Erec dan Bethany) berasal dari Dunia Luar (sebutan bagi dunia yang kita tempati sekarang). Jack menjelaskan bahwa ini adalah dunia sihir, dimana orang-orang bebas melakukan sihir. Dunia sihir itu sendiri terbagi menjadi 3 bagian, Alypium (dunia sihir umum), Ashona (bawah laut), dan Aorth (dunia sihir bawah tanah). Masing-masing bagian itu dipimpin oleh seorang raja atau ratu.

Jack mengajak mereka pergi ke Alypium karena ada kemungkinan ibu Erec berada di sana, karena kebanyakan orang sedang pergi ke sana untuk menyaksikan sebuah pertandingan dalam rangka mencari raja dan ratu baru. Karena raja dan ratu yang sekarang udah mau pensiun, maklum, usia mereka udah hampir 500 tahun. Hihihi...

Awalnya Jack merasa bingung, apakah mungkin ibunya  seorang yang 'melek' sihir?

Sesampainya di Alypium, niat Erec mencari ibunya,  agak berubah. Dia jadi ingin ikut pertandingan menjadi raja atau ratu tersebut, karena tidak ada batasan derajat, kaya atau miskin, tua atau muda, ngerti sihir atau nggak ngerti sihir. Bethany dan Erec akhirnya ikut. Mereka dibawa ke Kastil Raja Piter (raja Alypium) dan menginap di asrama sampai pertandingan selesai.

Di kastil ini, ada banyak orang aneh dan keanehan yang terjadi. Salah satunya raja Piter, dia masih hidup, tapi dia kayak orang gila, nggak bisa bicara, tatapan kosong, dan ga bisa beraktivitas kayak orang normal. Dia cuma terduduk dengan tatapan kosong di kursi. Orang-orang kerajaan bilang, raja Piter lagi atit.

Di kastil itu, Erec dan Bethany mulai terbiasa dengan sihir dengan bantuan Jack tentunya. Oia, Erec juga memiliki sebuah kacamata yang belakangan dia ketahui adalah kacamata yang punya daya sihir. Dengan menggunakan kacamata itu, Erec bisa melihat dan berbicara dengan orang yang sedang dia rindukan. Sebenernya kacamata ini milik ibunya. Erec tambah yakin bahwa ibunya adalah masyarakat dunia sihir, tapi kenapa dia tinggal di dunia luar?




Lewat kacamata itulah akhirnya Erec bisa ketemu ibunya. Ternyata ibunya ada di penjara bawah tanah kerajaan Aorth. Ibunya bilang, salah satu cara untuk membebaskan dirinya adalah dengan Erec memenangkan semua pertandingan dan menjadi raja.

Gak semua orang sebaik Jack dan Oscar. Ada juga beberapa anak nakal yang sepertinya akan jadi pesaing Erec dengan berbagai kelicikan mereka. Yang utama adalah Balor.

Jumlah peserta yang mendaftar adalah sekitar 400 orang. Mereka harus memenangkan 6 kontes untuk jadi raja. Inilah nama konter-kontesnya:

Yang pertama adalah MONSTER (Multi Option Non Stop To End Race). Di sini tiap kotestan disuruh ngejawab lewat pilihan ganda yang dikasih, ada 4 pertanyaan, tapi yang bikin susahnya adalah untuk dapet satu pertanyaan, mereka harus jalan sejauh 800 meter. Hadiah yang didapatkan adalah sebuah aniball, bola yang kalo dipecahin bakal keluar piaraan. Erec dapet anjing, Bethany dapet kucing.

Kontes kedua dinamain Pro dan Kontes. Kontestan yang tinggal 200 orang diseleksi lagi dengan suatu ajang debat. Erec dan Bethany lolos lagi dengan hadiah berupa inquizzle (bola yang dapat menjawab sebuah pertanyaan dengan jujur). Beberapa anak bertanya pada bola ini, apakah mereka akan menang, dan ternyata banyak inquizzle berkata tidak, yang membuat beberapa kontestan mundur. Kontestan tinggal 100an.

Kontes ketiga disebut tribaffleon. Di sini, masing-masing anak akan dicari kelebihannya dengan bantuan magic. Erec menang karena memiliki pikiran berkabut yang unik, Bethany menang karena memiliki keahlian dalam matematika. Hadiah yang mereka dapetin adalah magiclight, berupa senter ajaib, yang bisa menciptakan cahaya. Kontestan tinggal 40an.

Kontes keempat adalah Pencarian Laut, di sini para kontestan ditugaskan menemukan harta karun di bawah laut. Erec dan Bethany menang. Hadiahnya adalah beberapa instagills, semacam insang permanen yang dapat bekerja ketika mereka ada di dalam air. Kontestan tinggal 20an.

Kontes kelima adalah bawah tambang. Para kontestan diharuskan menerobos sebuah terowongan tanpa tahu apa yang akan terjadi di dalam terowongan tersebut. Erec dan Bethany lagi-lagi menang. Hadiahnya adalah bubuk terbang yang kalo ditaburin bisa bikin terbang selama 1 jam.

Kontes terakhir yang paling seru, di sini klimaksnya menurut saya. Apa itu? cari tahu sendiri ah.

Selama Erec dan Bethany tinggal di kastil, mereka menemukan hal-hal aneh. Persaingan tidak sehat, kecurangan, bahkan persengkokolan menjatuhkan raja piter.

Di akhir cerita, Erec dan Bethany jadi pahlawan penyelamat Alypium. Karena mereka berhasil menyadarkan raja Piter yang ternyata diguna-guna, bukan atit.

Tapi jati diri Erec dan Bethany yang sebenarnya nggak diketahui. Karena menurut raja Piter, mereka berdua adalah orang spesial. Dan yang pasti ada seorang bernama Thanatos Argus Baskania, yang adalah pencipta dunia sihir, menginginkan mata naga milik Erec untuk mendapatkan kekuasaaan penuh.

Oia di sini, mereka nggak pake tongkat sihir seperti di Harry Potter, tapi mereka menggunakan semacam remote control untuk menyihir. Mantra tetep ada koq. Sedangkan raja atau ratu memerintah dengan benda mirip tongkat bernama scepter.

Buku ini memang keren, Kaza Kingsley menciptakan permainan imajinasi di otak saya ketika membacanya. Tapi saya agak sulit beradaptasi dengan terjemahan bahasanya, kadang ada yang kurang dimengerti. Tapi secara umum, buku ini benar-benar luar biasa.

I'm looking forward to read the second seri.