Selasa, 26 Agustus 2008

Give Your Best!!!

Give Your Best!!!

Duh… dah lama niyh gak nulis blog. Sibuk uy ngurusin banyak hal. Ini aja udah jam setengah dua pagi. Baru selesai bikin macem2 bwt ozpek. Btw, ada yang tau ospek tuh singkatan dari apa ya? Oia belom sempet nulis kesan dan pesan juga setelah lulus SNMPTN. Ntarlah di postingan yang laen yuph…

Tadi aku keinget sama sebuah ilustrasi menarik yang aku dapet secara tidak sengaja di sebuah siaran radio beberapa tahun yang lalu. Ilustrasinya sih asik. Makanya bisa inget ampe sekarang. Gene neh…

Ada sebuah negeri yang diperintah oleh seorang raja. Raja ini sangatlah bijaksana, baik hati, dan memerintah rakyatnya dengan adil, maka oleh TUHAN, dia dikaruniai seorang anak perempuan yang amat cantik serta baik hati. (Yaiyalah anak gemana bapaknya sih.) Nah, beberapa tahun kemudian, puteri ini pun menjadi seorang puteri yang sangat cantik serta baik hati (asa udah). Ada satu hobinya yang aneh. Dia suka sekali berjalan-jalan di tengah rakyat jelata sambil memperhatikan apa yang mereka sedang kerjakan. Tempat favorit-nya adalah pasar. Karena di sinilah banyak orang berinteraksi. Dia bisa melihat aktivitas perekonomian, komunikasi antara rakyat yang satu dengan yang lainnya, pokoke macem2lah.

Nah, suatu hari, si puteri bosen. Tiap jalan-jalan, orang selalu tersenyum padanya, memujanya, menyambutnya. Kali ini sang puteri ingin mencoba menjadi seorang rakyat jelata. Nah, untuk itu kali ini dia menolak diantar oleh kereta istana. Dan ia memakai baju BBB (bukan baju biasa :P) kali ini dia pake baju ala rakyat biasa yang udah sering dilihatnya. Ada satu lagi, tanpa make up, dan pake tudung, biar penyamaran sempurna.

Berhasil… ternyata gak ada satu orang pun yang ngenalin dia. Kali ini dia bisa berjalan dengan bebas tanpa ada sambutan, pujian, dan pujaan. Namun, belum juga puas jalan2 di negeri, turunlah hujan yang lumayan gede. Aku sempet bingung juga sih, pas ujan dia ketakutan apa bahagia?? Puteri raja khan mana pernah keujanan, becek, dan gak kebagian ojek. Haha…lalu apa kesan pertamanya tentang keujanan ya?

Akhirnya, dia berteduh di sebuah rumah kecil. Lalu dia berpikir untuk meminjam payung kepada si pemilik rumah.

Tok…tok…tok… (si puteri mengetuk pintu)

Ceklek…ngeeeek…(pintu pun terbuka, tentunya gak ngebuka sendiri, karena pada zaman itu kayaknya belum ada deh yang serba otomatis)

“Ada apa ya?” , kata ibu pemilik rumah.

“Anu, saya kehujanan tapi saya gak bawa payung. Bolehkah saya meminjam payung milik ibu?” , puteri berkata.

“oh, ya sebentar.” , jawab ibu itu teh. Lalu ia berpikir, (duh… kasian juga nih anak. Apa gw suruh masuk aja ya, trus bikinin teh anget sebagai welcome drink, halah. Eh, tapi kan gw g kenal ama dia, sodara bukan, anak bukan, ah biarin aja ah… dikasih payung juga udah untung. Eh payungnya yang mana ya??? Ada dua sih, tapi, yang ini kan gw baru beli kemaren pas ada diskon, masih mulus bo’ sayang banget kalo gw pinjemin, ntar kalo gak dibalikin lagi gimana???)

Singkat cerita, si ibu pemilik rumah memberikan payung yang bisa dikatakan jeleklah kepada puteri. Udah bunyi ngek ngok kalo dipake. Akhirnya si puteri memutuskan untuk pulang Karena hujan tak kunjung tiba, eh tak kunjung berhenti.

Beberapa hari kemudian, si puteri datang ke rumah tua itu lagi untuk mengembalikan payung si ibu. Tapi kali ini dia tidak menyamar, dia membawa kereta istana dan memakai kostum puteri seperti biasa. Lalu sesampainya di pintu rumah ibu pemilik payung ngek ngok, puteri pun mengetuk, tak lama si ibu keluar dan membukakan pintu baginya.

“Hwa??? Ada tuan puteri” kata ibu. Lalu ia langsung melakukan berbagai gerakan tanda penghormatan pada sang puteri. Setelah selesai, lalu ia berkata lagi, “ada tujuan apa tuan puteri berkunjung ke rumah hamba yang jelek dan kecil ini?”

Enk ink enk...

“ini bu payung yang kemarin saya pinjam.”

“waks!!! Jadi yang kemarin meminjam payung saya adalah tuan puteri???” Syok pisan deh kayaknya ibu itu.

Setelah mengucapkan terima kasih, puteri pun kembali ke istana. Sedangkan ibu itu, menyesal dengan sangat. Keluarga raja yang begitu bijaksana, kenapa tidak kulayani dengan baik??? Malah gw kasih payung ngek-ngok. Ibu itu benar2 menyesal. Tapi, kemudian dia mendapatkan suatu pelajaran baru, bahwa siapapun orang yang membutuhkan pertolongan, berilah yang terbaik.

So, guys… give your best yak… karena dengan memperlakukan orang seperti itu, kita juga pasti akan diperlakukan demikian, dan lagi, ini sebagai salah satu bentuk ucapan syukur kepada TUHAN untuk apapun yang terbaik yang IA kasih bwt kita. Jadi, jangan kasih yang kualitasnya ngek-ngok ya… 

Minggu, 03 Agustus 2008

Kenyataan di Balik Perasaan
Perasaan? Siapa yang tahu perasaan seseorang? Seperti sebuah kotak brangkas yang hanya bisa dibuka dengan password yang hanya pemiliknyalah yang tahu. Orang mungkin bisa berpura-pura bahagia, padahal hatinya teriris. Dan tak sedikit yang pura-pura perduli tapi hanya pura-pura. Manusia terlalu banyak pura-pura. Di luar, mereka bisa tampak seperti apapun yang mereka mau. Seperti casing hp yang bisa diganti-ganti semau gue.

Lalu tanpa tahu apa yang mereka sembunyikan, kita terburu-buru berdecak kagum.

Ketika tahu tentang aslinya seseorang, kekaguman akan hilang tiba2 dan keluarlah cercaan, makian, ejekan, dan tanpa sadar kita pun telah menjadi seperti mereka.

Hidup memang benar-benar sebuah misteri…

I remember a quotation that my daddy have ever said to me.

“Dengar!! Pengadilan memang ada, tapi keadilan itu gak ada di dunia.”

Yah…that’s absolutely right. Pengadilan memang ada, sayangnya bahkan di pengadilan itu sendiri dilakukan hal2 yang membuat keadilan menjadi pincang. Katanya hati nurani-lah yang paling benar. Benarkah???

Lalu aku tertarik untuk bertanya apa yang orang 2 inginkan dengan cara mereka memincangkan keadilan dan melukai kebenaran.

Ternyata memincangkan keadilan dan melukai kebenaran akan bikin hidup lebih menarik lebih mudah…

Lalu aku juga tertarik untuk bertanya pada diriku sendiri. Jika suatu saat nanti sudah tidak ada lagi orang yang memihak pada kebenaran dan keadilan, apakah aku masih mau memainkan peran itu di sisa hidupku?? Atau memilih untuk mengalami titik balik negative?

Sepeti temanku pernah bilang, “aku lagi ingin jadi anak nakal. Bosen jadi anak baik. Sekali-kali nakal napa? Bosen akh…”

Bagaimana denganku? Apakah aku sudah mulai bosan juga?

Aku tak bilang iya. Karena, begitu aku mulai bosan memelihara kebenaran dan keadilan, aku akan membayangkan diriku berada di satu posisi sebagai seorang pembunuh, atau pecandu narkoba yang benar-benar sulit untuk mendapatkan kembali kebenaran, keadilan, dan hati nurani. Maka aku akan kembali bersemangat untuk menjaga hal berharga ini.

Doakan saja…

Anda merokok?

Pengaruh Rokok Terhadap Kesehatan Paru-Paru

Panjang, bau, ngeluarin asap, apakah itu? Yup!!! Apa lagi kalo bukan rokok? Apakah kamu merokok? Hayo bilang!!! Jujur lo?! Awas ya kalo gak jujur, liat aja pulangnya, ntar gw kempesin ban lo!!! Eh salah… kok jadi ngancem. :-? Ya, kalo jawabannya iya bin ho’oh, kamu wajib baca artikel ini nih… Tanpa bermaksud nakut-nakutin, but I deliver a real fact. Silakan dibaca, ati-ati keselek…

Zat apa aja yang ada di dalam asap rokok?

Kenapa rokok bahaya? Apakah rokok punya kekuatan magis? Hoahaha… tentu aja karena asapnya mengandung banyak zat yang berbahaya. Apa aja sih? Let see!!!

Asap rokok yang dihirup seorang perokok mengandung 2 jenis komponen, yaitu gas dan partikel. Partikel di sini maksudnya wujudnya padat dan ukurannya sangat kecil.

Komponen gas terdiri dari karbon monoksida, karbon dioksida, hidrogen sianida, ammonia, dll.

Komponen partikel terdiri dari tar, nikotin, benzopiren, fenol, kadmium (sejenis logam berat), dll.

Dari komponen gas, ada yang namanya karbon monoksida. Gas ini berbahaya banget lho!!! Kenapa? Gene, di dalam darah ada yang namanya hemoglobin. Hemoglobin ini tugasnya adalah mengikat oksigen yang lewat dan mondar-mandir di paru-paru (tepatnya di alveolus) sehingga bisa dialirkan ke seluruh bagian tubuh lalu digunakan dalam berbagai proses pembakaran. Namun, diketahui bahwa hemoglobin lebih mudah mengikat karbon monoksida daripada oksigen.

Akibatnya, hemoglobin bukannya menjalankan tugasnya sebagai pengikat oksigen, malah mengikan karbon monoksida yang jelas-jelas berbahaya bagi tubuh. Tubuh kita jadi kekurangan oksigen yang menyebabkan kerja paru-paru lebih keras, jadinya cepet rusak deh…

Dampak

Dari 4000 jenis bahan kimia yang dikandung oleh rokok, 40 jenis di antaranya tuh adalah zat-zat yang bersifat karsinogenik (pemicu kanker). Contohnya, karbonmonoksida, benzopiren, amoniak, dll, parahnya, bahan-bahan ini dapat bertahan sampai beberapa jam lamanya dalam ruang setelah rokok padam. WOW!!!

Selama beberapa decade terakhir, para ahli telah meneliti hubungan kebiasaan merokok dengan kanker paru-paru. Dan ternyata mereka berdua memang berhubungan erat. Bahkan, ada yang menyatakan secara tegas bahwa rokok merupakan penyebab utama terjadinya kanker paru-paru. Ih… gak serem apa???

Dibandingkan dengan orang yang bukan perokok, kemungkinan timbulnya kanker paru-paru pada perokok lebih besar 10-30 kali lipat.

Partikel asap yang berwujud padat tadi, jika masuk ke dalam tubuh, maka dia akan dibawa oleh darah melalui pembuluh darah. Zat padat ini akan menghambat aliran darah, bikin mampet getoh… makin lama makin numpuk dan akhirnya pembuluh darah menjadi tersumbat, lalu berujung pada jantung koroner alias penyumbatan pembuluh darah arteri koroner yang bertugas mensuplai makanan dan oksigen ke sel-sel atau jaringan otot jantung.

Nah, kalo di jantung khan menyebabkan jantung koroner, lalu bagaimana dengan penyumbatan pembuluh darah di otak??? Tetep… mampet, dan suatu saat jika telah mencapai klimaksnya bisa pecah tuh pembuluh darah. Akibatnya adalah serangan stroke, yang konon susahh sembuh. Yaiyalah, wong otak khan pusat dari sistem koordinasi tubuh.

Kalo udah stroke, kemungkinan paling buruk adalah mati dan banyak yang jadi lumpuh, baik lumpuh sebagian, ataupun lumpuh total. Nah, kalo dah gini nih hidup jadi gak asik dunk. Gak bisa nongkrong bareng temen-temen, gak bisa jogging, jalan-jalan ke mall apalagi, apa-apa jadi susahh…

Lalu… AIDS!!! Tunggu-tunggu, ini khan rokok, bukan narkoba? Iya… emang itu kalimat pertama yang keluyuran di otak gw waktu pertama baca. But this is the real fact guyz!!! Ternyata rokok secara unik mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Penurunan kekebalan tubuh ini menyebabkan lebih mudahnya virus AIDS menyerang dan melakukan aksi-aksi jailnya. Para peneliti di Amrik telah memperkuat fakta ini. Menurut hasil penelitian mereka, pada kelompok perokok, AIDS timbul rata-rata dalam 8 bulan setelah terinfeksi HIV, padahal pada orang nonperokok timbulnya AIDS setelah terinfeksi HIV itu bisa sampai 14,5 bulan. Nah lho…

Satu lagi, ketika kamu merokok, kamu meracuni orang di sekitarmu juga (perokok pasif). Setega itukah kamu??? Ada hak apa lo ngerusak paru-paru orang laen??? Wong yang ngisep lo, koq orang laen yang dijadiin korban. Egois banget siyh… (naik darah :K ) Iya, itu sama aja cekokin racun ke mulut orang. Betul tidak?

Terakhir, jangan mengabaikan peringatan yang tercantum di setiap bungkus rokok yang tulisannya kecil-kecil itu. Saya membuat posting ini bukan maksud mempengaruhi orang banyak biar gak beli rokok. Saya gak punya dendam koq sama pengusaha rokok. :P ini hanya salah satu bentuk usaha untuk mengurangi racun di bumi ini. Abisnya kalo nutup perusahaan rokok, kasian para karyawannya katanya. Jadi pengangguran…

Yang paling terakhir, berpikirlah 1000 kali sebelum memasukkan satu isapan rokok ke tubuhmu. Karena begitu kamu menghirup asapnya, berarti kamu sudah merusak satu bagian tubuh terindah ciptaan TUHAN yang suku cadangnya gak ada di manapun. Sayang banget. Pikirkanlah bahwa di saat yang sama namun di tempat yang berbeda, ada orang-orang yang membutuhkan paru-paru sehat itu. Daripada ngerokok, mendingan donorin aja paru-parunya yang masih sehat sebelum dirusak asap rokok,mendingan amal. Hehe… Beneran… rokok itu gak ada baiknya sedikitpun. Percayalah…

Orang bijak bilang, “Matikanlah rokok Anda lebih dulu sebelum rokok mematikan Anda”. So, cepet ambil keputusan untuk tidak merokok…