Minggu, 03 Agustus 2008

Anda merokok?

Pengaruh Rokok Terhadap Kesehatan Paru-Paru

Panjang, bau, ngeluarin asap, apakah itu? Yup!!! Apa lagi kalo bukan rokok? Apakah kamu merokok? Hayo bilang!!! Jujur lo?! Awas ya kalo gak jujur, liat aja pulangnya, ntar gw kempesin ban lo!!! Eh salah… kok jadi ngancem. :-? Ya, kalo jawabannya iya bin ho’oh, kamu wajib baca artikel ini nih… Tanpa bermaksud nakut-nakutin, but I deliver a real fact. Silakan dibaca, ati-ati keselek…

Zat apa aja yang ada di dalam asap rokok?

Kenapa rokok bahaya? Apakah rokok punya kekuatan magis? Hoahaha… tentu aja karena asapnya mengandung banyak zat yang berbahaya. Apa aja sih? Let see!!!

Asap rokok yang dihirup seorang perokok mengandung 2 jenis komponen, yaitu gas dan partikel. Partikel di sini maksudnya wujudnya padat dan ukurannya sangat kecil.

Komponen gas terdiri dari karbon monoksida, karbon dioksida, hidrogen sianida, ammonia, dll.

Komponen partikel terdiri dari tar, nikotin, benzopiren, fenol, kadmium (sejenis logam berat), dll.

Dari komponen gas, ada yang namanya karbon monoksida. Gas ini berbahaya banget lho!!! Kenapa? Gene, di dalam darah ada yang namanya hemoglobin. Hemoglobin ini tugasnya adalah mengikat oksigen yang lewat dan mondar-mandir di paru-paru (tepatnya di alveolus) sehingga bisa dialirkan ke seluruh bagian tubuh lalu digunakan dalam berbagai proses pembakaran. Namun, diketahui bahwa hemoglobin lebih mudah mengikat karbon monoksida daripada oksigen.

Akibatnya, hemoglobin bukannya menjalankan tugasnya sebagai pengikat oksigen, malah mengikan karbon monoksida yang jelas-jelas berbahaya bagi tubuh. Tubuh kita jadi kekurangan oksigen yang menyebabkan kerja paru-paru lebih keras, jadinya cepet rusak deh…

Dampak

Dari 4000 jenis bahan kimia yang dikandung oleh rokok, 40 jenis di antaranya tuh adalah zat-zat yang bersifat karsinogenik (pemicu kanker). Contohnya, karbonmonoksida, benzopiren, amoniak, dll, parahnya, bahan-bahan ini dapat bertahan sampai beberapa jam lamanya dalam ruang setelah rokok padam. WOW!!!

Selama beberapa decade terakhir, para ahli telah meneliti hubungan kebiasaan merokok dengan kanker paru-paru. Dan ternyata mereka berdua memang berhubungan erat. Bahkan, ada yang menyatakan secara tegas bahwa rokok merupakan penyebab utama terjadinya kanker paru-paru. Ih… gak serem apa???

Dibandingkan dengan orang yang bukan perokok, kemungkinan timbulnya kanker paru-paru pada perokok lebih besar 10-30 kali lipat.

Partikel asap yang berwujud padat tadi, jika masuk ke dalam tubuh, maka dia akan dibawa oleh darah melalui pembuluh darah. Zat padat ini akan menghambat aliran darah, bikin mampet getoh… makin lama makin numpuk dan akhirnya pembuluh darah menjadi tersumbat, lalu berujung pada jantung koroner alias penyumbatan pembuluh darah arteri koroner yang bertugas mensuplai makanan dan oksigen ke sel-sel atau jaringan otot jantung.

Nah, kalo di jantung khan menyebabkan jantung koroner, lalu bagaimana dengan penyumbatan pembuluh darah di otak??? Tetep… mampet, dan suatu saat jika telah mencapai klimaksnya bisa pecah tuh pembuluh darah. Akibatnya adalah serangan stroke, yang konon susahh sembuh. Yaiyalah, wong otak khan pusat dari sistem koordinasi tubuh.

Kalo udah stroke, kemungkinan paling buruk adalah mati dan banyak yang jadi lumpuh, baik lumpuh sebagian, ataupun lumpuh total. Nah, kalo dah gini nih hidup jadi gak asik dunk. Gak bisa nongkrong bareng temen-temen, gak bisa jogging, jalan-jalan ke mall apalagi, apa-apa jadi susahh…

Lalu… AIDS!!! Tunggu-tunggu, ini khan rokok, bukan narkoba? Iya… emang itu kalimat pertama yang keluyuran di otak gw waktu pertama baca. But this is the real fact guyz!!! Ternyata rokok secara unik mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Penurunan kekebalan tubuh ini menyebabkan lebih mudahnya virus AIDS menyerang dan melakukan aksi-aksi jailnya. Para peneliti di Amrik telah memperkuat fakta ini. Menurut hasil penelitian mereka, pada kelompok perokok, AIDS timbul rata-rata dalam 8 bulan setelah terinfeksi HIV, padahal pada orang nonperokok timbulnya AIDS setelah terinfeksi HIV itu bisa sampai 14,5 bulan. Nah lho…

Satu lagi, ketika kamu merokok, kamu meracuni orang di sekitarmu juga (perokok pasif). Setega itukah kamu??? Ada hak apa lo ngerusak paru-paru orang laen??? Wong yang ngisep lo, koq orang laen yang dijadiin korban. Egois banget siyh… (naik darah :K ) Iya, itu sama aja cekokin racun ke mulut orang. Betul tidak?

Terakhir, jangan mengabaikan peringatan yang tercantum di setiap bungkus rokok yang tulisannya kecil-kecil itu. Saya membuat posting ini bukan maksud mempengaruhi orang banyak biar gak beli rokok. Saya gak punya dendam koq sama pengusaha rokok. :P ini hanya salah satu bentuk usaha untuk mengurangi racun di bumi ini. Abisnya kalo nutup perusahaan rokok, kasian para karyawannya katanya. Jadi pengangguran…

Yang paling terakhir, berpikirlah 1000 kali sebelum memasukkan satu isapan rokok ke tubuhmu. Karena begitu kamu menghirup asapnya, berarti kamu sudah merusak satu bagian tubuh terindah ciptaan TUHAN yang suku cadangnya gak ada di manapun. Sayang banget. Pikirkanlah bahwa di saat yang sama namun di tempat yang berbeda, ada orang-orang yang membutuhkan paru-paru sehat itu. Daripada ngerokok, mendingan donorin aja paru-parunya yang masih sehat sebelum dirusak asap rokok,mendingan amal. Hehe… Beneran… rokok itu gak ada baiknya sedikitpun. Percayalah…

Orang bijak bilang, “Matikanlah rokok Anda lebih dulu sebelum rokok mematikan Anda”. So, cepet ambil keputusan untuk tidak merokok…





4 komentar:

  1. nice post lagi neh kareta hehehehe, ngingetin orang biar gak ngerokok, baguslah, karena aku seringkali jadi korban para peroko, bayangin aja, temen2 banyak yang ngeroko dan aku enggak......

    BalasHapus
  2. Wuih... untung aja aq ga ngrokok... sempet sih... tp begitu kena wasiat dari nenek (alm) langsung deh, STOP!!

    Btw.. gmn klo kita bikin kampanye baju.. no smoking, kayak kaos bertulisan:

    "No Smoking With Me!!"

    Biar pada malu tuh orang yg seangkot ma kita nanti. hi hihi

    BalasHapus
  3. sebetulnya informasi seperti ini udh ga usah dikasih tau lagi ke banyak orang. soalnya hampir semua perokok sudah tau mengenai apa yang ada didalam rokok tersebut.

    dan hebatnya, mereka tetep ngerokok!!

    jd berapapun banyaknya info seperti ini, aq rasa ga kan ngaruh bwt perokok sejati :p

    BalasHapus
  4. @oom ingus
    Makasih lagi oom. Iya, soalnya aku suka rada-rada sesek2 gitu kalo ngehirup asep rokok. Apalagi ngehirup gas kentut. =P

    @Oom aries
    Iya oom. Bener banget. Hayu kita bikin gerakan "antirokok di dalam angkot". :D

    @boga lakon
    jd berapapun banyaknya info seperti ini, aq rasa ga kan ngaruh bwt perokok sejati :p

    kan ga semua perokok itu adalah perokok sejati oom. Ada yang cuma ngikut2an, ada juga yg kebawa2 aja.

    BalasHapus

Comment anything, ask me anything :)