Tuesday, March 17, 2015

Bunga-bunga Mulai Bermekaran

Bulan Maret begini frekuensi hujan sudah nggak sesering bulan-bulan sebelumnya. Waktunya mulai menyemai benih-benih kesayangan nih. Biar ketika matahari datang, tanamannya sudah siap tumbuh besar. :)

Bunga-bunga di rooftop garden saya mulai banyak yang mekar. Senangnyaaa... yuk intip yuk...  sekalian belajar biologi. :p

Garland Chrysanthemum
 Saya menanam garland chrysant ini dari benih. Sebetulnya dia termasuk bunga dan sayuran, karena daunnya biasa dibuat masakan. Biasanya kalau ke supermarket yang menjual sayur dan buah impor seperti the ranch market atau the farmers market, sayuran ini dijual. Bentukannya masih berupa daun, belum berbunga, sekalipun berbunga, bunganya pasti masih kuncyup. Sepertinya untuk alasan kerenyahan dan tekstur daun sehingga tanaman ini dipanen sebelum tua.

Tanamannya ternyata lumayan tinggi untuk golongan chrysant, punya saya tumbuh sampai setinggi sekitar 1 meter lebih. Hihi.., entah karena saya menanamnya di pot, atau memang bentukannya begitu, dia tumbuh tinggi, bunganya hanya di bagian atas.
Garland Chrysanthemum sebelum mekar semua

Saya menanam 4 tanaman. Tapi yang berbunga hanya 2. :( yang 2 lagi menciut karena kena hujan. Dari mulai menanam benihnya sampai berbunga, membutuhkan waktu yang cukup lama ternyata. Sekitar 6-9 bulan deh. Hufft... lama menunggu, tapi senang ketika sudah mulai berbunga. Bunganya indah. Seperti sunshine. ;)


Sunfower, biar nggak ada zombie :p

Bunga matahari, salah satu bunga favorit saya, karena bunganya yang besar dan warnanya cerah. Menanamnya pun jauh dari sulit. Coba deh tanam bunga ini di kebun kamu, pasti banyak kupu-kupu indah yang mengunjungi. Bikin tambah senang :) kalau sudah tua, bijinya bisa dijadikan cemilan hamster kesayangan. :3


Bunga cosmos sebelum mekar

Tanaman ini banyak sekali tumbuh di pinggiran jalan. Rajin mekar, dan bikin jalanan jadi keren. Warnanya macam-macam, ada putih, kuning, orange, pink, fuschia. Saya baru punya yang warnanya oranye nih.


Bunga cosmos setelah mekar
Bunga cosmos nggak membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh dan berbunga. 2 bulan saja cukup untuk merawatnya hingga mekar. Ditanam di pot saja sudah berbunga banyak. Hihihi... kalau kamu punya lahan yang luas, tanam deh sebagai border. 


Vinca pink

Saya baru tahu beberapa tahun terakhir kalau bunga vinca (tapak dara) selain bunganya indah, ternyata mengandung senyawa-senyawa fotokimia (senyawa yang diproduksi alami oleh tumbuhan) yang reaktif terhadap sel kanker. Bisa dijadikan alternatif pengobatan. Ciptaan Tuhan nih.


Vinca fuschia
 Saya punya 3 jenis bunga vinca, putih, pink, dan fuschia. Saya lebih suka yang warnanha fuschia ini. Warnanya menyolok dan mengundang kupu-kupu untuk datang berkunjung. :)

Bunga entah
 Saya nggak tahu nama bunga ini. Belum mungkin. Karena waktu saya beli, penjual tanamannya pun enggak tahu ini bunga apa. Hihi... tapi sudah coba mencarinya di google, belum ketemu juga. Jadi saya menyebutnya bunga violet saja. Hehe... dia rajin berbunga. Bunganya bisa tahan beberapa hari sebelum akhirnya rontok. Kalau dari pengamatan sesaat, bunganya mirip sekali dengan bunga lantana ungu. Tapi bentuk daunnya jauh berbeda.

Blue eyes
 Bunga ini mengingatkan saya pada taman kanak-kanak. Waktu itu taman sekolah ditanami bunga berwarna biru ini. Saya senang sekali karena bunganya enggak pernah absen dan berwarna biru. Jarang kaaan bunga yang warnanya biru. Jadi saya menanam ini dalam rangka membangkitkan kenangan masa kecil. *tsah

Torenia ungu
 Torenia ini menurut saya jenis bunga yang tidak mau diperhatikan. Menyemai benihnya di media khusus dan pot semai, lama sekali numbuhnya. Tapi kalau ditebar dimana saja, tumbuh di mana-mana. Lihat saja, dia tumbuh di pot daun bawang saya. Mau dicabut saya tidak tega. :p umurnya pendek. Paling lama 6 bulan saja. :'(

Torenia pink
 Ini yang warnanya pink. Pada keadaan tanah tertentu, entah asam atau basa, pink nya bisa lebih kontras dari ini.


Chrysant
 Krisannya kurang subur karena kelembaban dan hujan masih tinggi. Harusnya kalau sedang panas, bunganya ada semburat ungunya. :)

Portulaca
 Ah, portulaca ini benar-benar suka matahari. Mataharinya bersinar, bunganya mulai muncul dan bermekaran. Nama lainnya bunga krokot. Merupakan salah satu bunga yang paling mudah ditanam. Batang dan daunnya menyimpan air. Jadi tahan terhadap suhu panas, dan penyiraman yang jarang. Justru kalau terlalu sering disiram, dia ogah berbunga.


Zinnia
 Kalau stress, tanamlah bunga. Hehe... saya beli bunga ini sepulang kantor. Masalah pekerjaan yang bejibun, meluluh ketika membawa pulang dia. Bunganya ugh,,, lucu banget. Enggak seperti zinnia pada umumnya yang tinggi-tinggi, zinnia yang ini tingginya segitu-segitu saja. Sempat sakit karena kebusukan akar akibat hujan, sekarang sedang tahap recovery. Cepat sembuh dan tumbuh daun yaaa nak.


Angelonia pini
 Bunga yang mirip lavender, dan sering dibilang lavender. Aromanya maniiiis. Rajin berbunga, perennial.


Angelonia ungu
 Yang berwarna ungu juga cantik ;) harus sering dipangkas selesai berbunga. Biar rimbun. :)


Mawar
 Mawar itu salah satu bunga yang paling universal, dan salah satu yang paling cantik. Tapi menurut saya agak susah ditanam di pot. Sebaiknya ditanam di tanah.


Pelargonium
 Pelargonium ini bukan geranium dan tidak bisa mengusir nyamuk. Tapi mereka masih satu kerabat. Saya belum pernah berhasil memperbanyak bunga ini. Bagaimana sih caranya? Harus dipotong setelah bunganya kering, supaya tumbuh banyak tunas-tunas baruu..,

Petunia
Petuniaaaaa... dari beberapa warna yang saya tanam, yang warnanya ungu ini paling banyak tumbuh. Bagus banget untuk dijadikan tanaman gantung. Butuh penyiraman 2 kali sehari. Kurang air menyebabkan batangnya langsung kuyu, karena tidak bisa menyimpan air.

Semoga tahun ini saya bisa menanam lebih banyak bunga, supaya rooftopnya makin berwarna, makin banyak kupu-kupu, dan makin senaaaaaaang...

"Where flowers bloom,
So does hope."

-Lady Bird Johnson

2 comments:

  1. Sya gk bisa lihat rupa daunbunga violet punya mbk di atas , tpi dari bunganya kemungkinan itu vinca tipe minor.nama lainnya periwinkle... :)

    ReplyDelete
  2. Halooo...
    Wah terimakasih atas masukannya. Setelah saya search, sepertinya bukan periwinkle. Periwinkle bunganya mirip namun ukurannya lebih besar.

    Sepertinya dia adalah Verbena canadensis, sejenis lantana2an. :)

    ReplyDelete

Comment anything, ask me anything :)