Saturday, June 28, 2008

Merokok Usia Muda Berisiko Tinggi Kanker Payudara

Merokok Usia Muda Berisiko Tinggi Kanker Payudara

Kalbefarma-Wanita yang memiliki kebiasaan merokok di usia muda dan belum pernah mengandung anak pertama, memiliki resiko 20% lebih tinggi menderita kanker payudara dibandingkan wanita yang baru mulai merokok setelah memiliki anak pertama atau tidak merokok sama sekali, dilaporkan oleh Mayo Clinic Proceeding dari suatu hasil studi.

Penelitian ini menunjukkan bahwa wanita harus menghindari kebiasaan merokok, terutama bagi wanita yang berusia muda. Saat ini terjadi peningkatan angka kebiasaan merokok pada wanita usia muda, dikatakan Janet Olson, Ph.D, kepala peneliti dari Mayo Clinic Proceeding.

Perkiraan risiko wanita muda yang merokok sebelum mengandung anak pertama meningkat 20% terhadap kanker payudara, sedangkan menurut Dr.Oslon, wanita yang mulai merokok setelah melahirkan anak pertama memiliki rata-rata yang sama dengan wanita yang tidak merokok.

Para ahli tidak mendapatkan bukti apakah lamanya merokok atau jumlah batang rokok perhari yang memengaruhi risiko terjadinya kenker payudara.

Menurut para ahli, wanita usia muda (dibawah 20 tahun) bila mereka sudah mengandung dan memiliki anak, risiko terkena kanker payudara menjadi lebih kecil dibandingkan wanita yang baru memiliki anak pertama setelah mereka berusia di atas 35 tahun. Kanker payudara seringkali menyerang sel payudara wanita yang tidak menyusui anaknya atau tidak memiliki anak. Pada saat wanita untuk pertama kalinya melahirkan anak, payudaranya akan mengalami perubahan, yaitu memiliki kemampuan untuk memberikan susu ASI kepada anaknya, sedangkan sel payudara wanita yang tidak mengalami perubahan fungsionalnya tampaknya mudah mengalami kerusakan akibat bahan kimia asap rokok, dan menyebabkan terjadinya kanker.


Taken from : Voice of Faith

2 comments:

  1. untung aku gak ngeroko....heheheh

    eh, kalau dampak roko buat laki2 tau ga?

    ReplyDelete
  2. dampak rokok buat laki2? wokeh. tunggu postinr berikutnya ya... ^_^

    ReplyDelete

Comment anything, ask me anything :)