Rabu, 09 Juli 2008

May 30 2008

Jenuh juga ya lama-lama mencari ilmu. Menelusuri dunia hanya untuk mendapatkan sekeping pengetahuan. Menyelesaikan puluhan soal Matematika hanya untuk mendapatkan satu entry rumus baru.

Ya, tapi memang itu kerjaan kita, mencari sesuatu yang baru. Kupikir, semua benda hasil teknologi yang ada di dunia ini berasal dari keinginan manusia untuk menemukan sesuatu yang baru. Hikmat benar-benar sesuatu yang tidak dapat dinilai. Hikmat adalah sesuatu yang membedakan antara orang yang berpengetahuan dengan orang yang tidak berpengetahuan.

Ketika kita adalah seseorang yang tidak berhikmat, kita tidak bisa memaksakan diri menjadi berhikmat. Hikmat itu adalah karunia. Aku jadi teringat pada sebuah peristiwa. Dulu aku pernah mengikuti sebuah seminar psikologi. Di situ dibahas bahwa setiap orang mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda, lalu si pembicara menyuguhi kami dengan sebuah gambar. Jika dilihat sepintas, gambar tersebut adalah gambar seekor kodok. Manun, ketika kita melihat dari sudut pandang yang lain, maka gambar tersebut adalah juga gambar seekor kuda.

Lalu aku mendengar seseorang berkata, “oh iya yah, benar selain gambar kodok, itu juga gambar kuda.” Lalu temannya yang duduk di sebelahnya juga bilang, “ ah gambar kuda dari mana? Orang itu gambar kodok.” Lalu temannya menjawab pula, “ah masak sih gak kelihatan? Liat deh yang itu tuh kepalanya dan yang itu kakinya.” “Ah… aku gak bisa ngeliat tuh… yang mana sih?”

Seberapa keraspun dia mencoba tetep gambar kudanya gak bisa kelihatan, mungkin seperti itulah analogi orang yang bisa membaca keadaan dengan hikmat, dan orang yang tidak bisa menyadari apa yang terjadi di sekelilingnya.

Aku memang bilang bahwa kita tidak memaksakan diri untuk jadi orang yang berhikmat, tapi aku gak bilang bahwa kita tidak bisa meminta hikmat. Beberapa hari yang lalu aku baca sebuah ayat di bible:

Karena TUHANlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian.
>>>Amsal 2:6

Atau versi New King James-nya:

For the LORD gives wisdom; from His mouth come knowledge and understanding;
>>>Proverb 2:6 NKJV

Dibandingkan dengan versi Indonesia-nya, aku lebih suka versi Inggris-nya. Karena pada umumnya kata-kata dalam bahasa Inggris tuh lebih dalem maknanya. Yaah,,, tinggal bandingin aja deh.

This verse, always strengthens me when I start to be tired to a thing called knowledge. The LORD gives wisdom, TUHANlah yang memberikan hikmat. Jadi, aku mau meminta hikmat itu. My LORD is a good shepherd, so apa yang aku minta asalkan DIA tahu itu baik untukku, pasti dia memberikannya.

So, HOLY SPIRIT I pray for GOD gives me unfailing knowledge, wisdom, and understanding, coz I know YOUR gifts meet no end in me… Amen…

Ayo semangat lagiiiiiiii………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment anything, ask me anything :)