Selasa, 18 Agustus 2015

Musim Panas Waktunya Mengolah Kebun


Apakah kamu menyadari, musim panas lebih berwarna dibanding musim hujan? Iya, karena musim panas adalah waktunya bunga-bunga bermekaran, kupu-kupu dan lebah mencari makan.

Di kebun saya sendiri, musim panas biasanya waktu yang sangat baik untuk menanam bunga-bunga dan mengolah benih-benih. Kenapa? Karena banyak tanaman bunga yang justru menciut/tidur di musim hujan, selain itu di musim hujan, udaranya lembab, hal ini membuat benih-benih sulit matang dan kering. Jika dipaksa dipetik tanpa diangin-anginkan/dikeringkan, benihnya malah berjamur. Selain itu, di musim hujan, sinar mataharinya minim, padahal tanaman kan sangat membutuhkan sinar matahari untuk mengolah makanan.

Jadi biasanya saya dan keluarga berkebun dengan rutin di musim panas, dan berleha-leha di musim hujan. Mhuehehehe...

Musim panas kali ini lumayan banyak tanaman-tanaman yang berbakti. Saya bagikan beberapa fotonya ya...

Zinnia
Bunga ini merupakan salah satu favorit saya karena mekarnya yang tahan lama. Bisa sampai sebulan bahkan lebih. Kalau kamu suka bunga-bunga tinggi, panjang, dan mekarnya lama, pilih zinnia. Ditanam di musim panas yaa...


Black-eyed Susan Vine

Tanaman itu unik. Mereka punya caranya sendiri untuk mempertahankan jenisnya. Si black-eyed susan vine ini contohnya. Entah bagaimana caranya dia tumbuh subur di musim panas, menciut di musim hujan, dan tumbuh kembali di musim panas tanpa ada yang menanamnya. Saya cari-cari bijinya juga kok nggak ketemu. :'( yang ini dibawakan sesorang :"> , diambil dari padang rumput tak bertuan, diambil dengan cara menyertakan akarnya, infonya sih. Ohya, dinamakan vine karena dia merambat. Ada juga bunga black-eyed susan yang tidak merambat. Enggak kalah cantik kok :)


Tomat Heirloom Sepertinya
Beberapa bulan lalu, saya menanam tomat cherry oval yellow. Bentuk buahnya lonjong, kecil, sebesar ibu jari, dan berwarna kuning terang ketika matang. Nah, tapi ada satu tanaman yang buahnya malah besar-besar. Apakah ini heirloom, saya juga enggak tahu. Saya juga jadi bingung menamakannya, dibilang tomat cherry tapi kok bongsor, dibilang tomat sayur, tapi kok warnanya kuning, bukan merah. Haha... anyway tomat ini menyukai matahari. Jangankan dikasih hujan, disiram kebanyakan saja, dia sakit.

White Zinnia
Tahun ini saya menanam beberapa warna zinnia. Pink, putih, kuning, dan oranye. Yang sudah tumbuh baru pink, putih, dan kuning. Yang paling cantik, kuning dan putih menurut saya, karena yang pink terlalu dangdut. =p

Mini Chrysanthemum
Kalau bunga krisan biasanya besar-besar, sehingga cocok dijadikan bunga potong, krisan yang satu ini bentuknya mini dan bergerombol. Krisan merupakan bunga yang jelas sekali menyukai musim panas. Di musim hujan daunnya lepek, dan enggan berbunga. Di nursery tanaman, sulit sekali mendapatkan tanaman ini di musim hujan.


Morning Glory Heavenly Blue
Morning glory sebetulnya masih satu genus dengan kangkung, tapi warna bunganya lebih bervariasi. Kalau kangkung bunganya putih dan pink muda, morning glory warnanya lebih bervariasi. Mulai dari ungu, fuschia, biru, pink, hitam, putih, dan masih banyak lagi. Morning glory juga menyukai matahari. Tanam di tempat yang terkena sorotan matahari, dan jangan lupa berikan tali/trellis untuk merambat.

Bunga Pacar Air
Kalau melihat bunga ini, jadi ingat masa kecil. Biasanya bunganya digerus-gerus, lalu ditempelkan ke kuku, didiamkan, dan voila, kukunya jadinikutan berwarna merah. Sekqrang jarang sekali menemukan bunga ini :'(


French Marigold
Tanaman favorit saya juga nih, karena meskipun mini, sudah mau berbunga. Meskipun baunya menyengat, cukup berjasa meramaikan kebun karena warnanya yang eye-catching. Yang suka menanam bunga mawar dan tomat, katanya marigold ini such a good companion, karena bisa mengusir nematoda, dan serangga pengganggu karena baunya yang 'yahut'. Meskipun lebih suka berbunga di musim panas, pada musim hujan saya masih bisa melihatnya berbunga.


Lettuce
Saya juga bingung ini lettuce apa. Dari bentuknya, sepertinya perpaduan antara lobjoit dan head lettuce. Mungkinkah dia heirloom juga? :-O
Kebanyakan lettuce tumbuh baik di musim panas. Tapi jangan khawatir, di musim panas dia juga oke, ;)


Paprika
Paprika, toat, dan cabai memang menyukai musim panas. Paprika yang saya tanam ini, warnanya merah. Tapi mungkin karena potnya kurang besar dan kurang gizi, buahnya cilik :'(


Balloon Flower
Di musim hujan, bunga balon ogah-ogahan, tapi di musim panas, lihat deh, rajinnyaaa... bunga balon ini sifatnya perennial, jadi kalau dia tumbuh tak bagus di musim hujan, bukan berarti dia mati, biarkan saja, dia sedang tidur. :)

Nasturtium
 Ternyata hobinya Susana makan bunga bukan tidak beralasan. Memang ada bunga-bunga yang sifatnya edible (dapat dimakan). Contohnya nasturtium ini. Dia menyukai musim panas dan tanah yang tidak terlalu subur. Katanya dia akan malas berbunga kalau tanahnya terlalu subur. :^


4 O'clock Flower
 Di musim panas dia akan rajin berbunga, di musim hujan juga masih bisa berbunga kok. Berbunganya di sore hari, sesuai namanya.


Gazania
 Gazania ini tidak bisa berbunga di musim hujan. Berbunganya hanya di musim panas. :)


Gomphrena
 Gomphrena ini mirip seperti zinnia sifatnya. Bunganya tahan lama. Kelebihannya, warnanya mencolok. Jadi membuat taman menjadi berwarna. :)


Morning Glory Grandpa's Ott
 Dilihat sepintas, warnanya mirip sekali dengan morning glory heavenly blue, bedanya yang ini lebih ungu, dan bagian tengahnya berwarna pink. Heavenly blue bunganya kebiruan, dan bagian tengahnya berwarna kuning. :)


Rosela
 Sebetulnya saya menanam 2 jenis rosela, yang ungu dan merah. Tapi yang tumbuh hanya yang merah nih. Katanya rosela ungu memang agak rewel. Terbukti sih, susah tumbuh.


Mawar dan Angelonia
 Mawar dan angelonia juga tidak mutlak berbunga di musim panas saja, di musim hujan juga dia mau berbunga, hanya saja kualitasnya tidak sebaik di musim panas.


Zepyranthes
Zepyranthes sifatnya mirip sekali dengan bawang. Tidak menyukai air berlebih, menyukai cahaya matahari :)


Itu beberapa foto tanaman yang sedang berbakti di musim panas ini, :)
Meskipun begitu, jangan berhenti menanam di musim hujan yaa... sebagai pengganti bunga-bungaan, kamu bisa menanam lettuce dan herbs. Karena mereka menyukai kelembaban. Jika ingin warna warni, bisa mencoba red lettuce dan red basil :)

#gogreen #goorganic
@bibitanaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment anything, ask me anything :)