Senin, 29 Juni 2009

Lagu Pengamen



Dudududu…

Maling besar dilindungi…

Maling kecil dihakimi…


Sepenggal bait di atas bukanlah puisi, bukan pantun, bukan cerita lucu, bukan juga cuplikan teriakan tukang kaos kaki pas lagi menjajakan barang dagangannya.


Itu sepenggal lagu yang sempet saya denger dari pengamen jalanan di angkot. Saya ga’ tau apakah mereka yang menyanyikannya, mengerti artinya, atau Cuma sekadar nyanyi doang. Tapi yang jelas, saya yang ngedengernya sambil ngantuk-ngantuk, jadi ikutan mikir, “eh, bener juga ya…”.


faridmustaqim.wordpress.com


Dulu saya pernah denger cerita dari temen saya yang tantenya punya mini market. Ada seorang ibu yang dipukulin Cuma gara-gara maling sabun colek yang waktu itu (saya masih SD) harganya sekitar 250 perak!!!


Koruptor yang maling miliaran atau bahkan triliyunan bisa meringankan hukumannya pake naik banding dan pengacara yang pastinya ga’ gretong (gratis). Mereka bisa disidang dan tetep pake jas dan dasi, Cuma agak malu kali ya. Haha… dan motif mereka sangat ga’ beralasan, udah kaya koq maling??? Buat apa coba? Mo beli Samudera Hindia gitu ya???


Nah, sekarang bandingin yang maling sabun colek tadi. Motifnya pasti karena dia ga’ punya uang, dan pasti orang ini miskin. Masak ada konglomerat malik sabun colek??? Impossible!!! Ibu ini gak Cuma dihina-hina tapi juga dipukulin lho!!! Beda banget sama koruptor yang tetep bisa disidang pake jas dan “stay cool”.


treest.wordpress.com


Kalo kamu jadi presiden, kamu mau bikin hukuman apa buat para koruptor???


Kalo saya, saya bakalan nyuruh dia tinggal di suatu perkampungan, ga dikasih uang jajan, apalagi mobil, saya bakalan nyuruh dia ngembaliin semua uang yang udah dia curi, tapi dia harus kerja sebagai tukang sampah buat dapetin uang itu, saya kasih rumah deh, tapi ga ada temboknya, bilik? bolehlah, trus, saya pisahin dari isteri dan anak2nya. Hahaha… kejamnya gue.


But, this is not a fiction story or even a story from a novel. This is real, and it happens around us. Don’t you realize that??? There’s no more attention to the voice of the conscience, people keep pretending, lying, doing what they want., and saying, “MINE!!! MINE!!! MINE!!!”.


Pemilihan presiden bentar lagi!!! Siapa yang bakalan jadi presiden yaaa ???

Papa saya??? Mmmh… ga mungkin. Papa saya, jadi ketua RT aja kagak mau. Hahah…


Selamat memilih yaa…

Pilih yang sesuai dengan kata hatimu… (halah)…



Dudududu…

Maling besar dilindungi…

Maling kecil dihakimi…

3 komentar:

  1. calon presiden pada ga jelas gt Ta!
    vote ENGKONG for president! horee! xD

    BalasHapus
  2. kalo gituh,

    HIDUP ENGKONG!!!

    wahahaha...
    :D

    BalasHapus
  3. kalo ada linknya share dong. dulu inget banget tuh pernah denger pas jaman2 masih smp ^_^

    BalasHapus

Comment anything, ask me anything :)