Sabtu, 11 April 2015

Spanish Moss Si Air Plant yang Tidak Membutuhkan Tanah

Banyak orang belum memutuskan untuk menanam sesuatu karena masalah perawatan. Harus disiram setiap hari lah, harus dipupuk lah, harus diganti media lah, dan perawatan-perawatan rutin lainnya. Nah, buat kamu yang ingin mulai menanam tanaman tapi maunya yang minim perawatan, mungkin bisa mulai dengan air plant. X)

Apa itu air plant?
Air plant, sesuai namanya adalah tanaman-tanaman yang mendapatkan nutrisinya melalui media udara, bahkan tidak membutuhkan tanah untuk tumbuh. Wow. Anggota air plant contohnya adalah tillandsia, spanish moss, dan ball moss. Jadi untuk menanamnya, biasanya hanya digantung di tempat yang tidak kena matahari langsung, tanpa tanah, cukup disemprot saja. :)

Contoh air plant yang saya miliki adalah spanish moss, sebetulnya itu nama beken di luar. Kalau di indonesia, nama bekennya janggut dewa/jenggot dewa. Ahahaha... jauh banget yaa...

Spanish moss (janggut dewa/jenggot dewa)

Untuk spanish moss ini, bagusnya digantung. Warnanya agak putih-putih ketika kering, tapi kalau habis disiram/disemprot, warnanya kehijauan. Ketika kering, warnanya kembali putih. Mirip dusty miller saya rasa. Beberapa orang yang lebih kreatif, memadupadankan spanish moss ini dengan lampu hias. Lalu ditaruh/digantung di taman. Alhasil, tamannya jadi vintage vintage gimana gitu. Hihihi...

Ohya, untuk perkembanbiakannya / perbanyakan, spanish moss cukup dipotong/stek, dan voila... diapun akan memanjang seperti rambut.

Saya belum punya tillandsia, karena agak sulit menemukannya di Indonesia. Sekalipun ada, harganya lumayan. Hhe...

Nanti kalau saya sudah punya tillandsia, pasti saya pamerkan. Ehehehe...

Yuk mulai menanam... tidak sulit koks. ;)

@bibitanaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment anything, ask me anything :)