Jumat, 15 Juli 2016

Pasona, Perusahaan Jepang dengan Ladang di dalamya

Gedung Pasona (www.dezeen.com)
Bukan hal yang mustahil untuk membangun ladang di dalam gedung bertingkat. Hal ini sudah dibuktikan oleh salah satu perusahaan rekruitmen dengan nama Pasona yang berlokasi di Tokyo, Jepang. Perusahaan ini bukan merupakan gedung dengan tanah sebagai lantainya, melainkan gedung yang terdiri dari 9 lantai. Bersama dengan perusahaan desain Kono Design, mereka membuat sebuah gedung perkantoran dengan Urban Farming sebagai konsepnya.

Tampilan luar gedung pasona (www.dezeen.com)
Begitu melihat tampilan luar gedungnya, orang-orang yang melintas sudah dapat menduga, bahwa gedung ini memiliki konsep hijau. Bagian depan gedungnya dibuat 2 lapis untuk space menanam dengan konsep living wall (tembok hidup). Katanya, yang ditanam merupakan tanaman-tanaman semusim, sehingga, penampilan muka gedung ini akan berganti-ganti setiap musimnya, memberikan pemandangan yang tidak monoton.

Konsep living wall pada muka gedung (www.dezeen.com)
Penggunaan konsep  living wall ini tidak hanya bertujuan mempercantik gedung saja, tetapi juga sebagai isolator panas dan tembok penghasil oksigen.

Ladang padi mini (www.dezeen.com)
Memasuki gedungnya, akan terlihat banyak sekali spot-spot berwarna hijau dari tanaman-tanaman yang tumbuh, bukan tanaman palsu. Bahkan, katanya di bagian lobi-nya saja ada ladang padi. Oh men, ini dalam ruangan kan?

Panen padi (www.dezeen.com)
Tidak main-main, padinya bukan hanya dijadikan hiasan, melainkan dirawat sedari kecil hingga dewasa dan panen menghasilkan padi. B-) Meskipun hanya sepetak, tapi sepertinya cukup untuk dijadikan bahan memasak pada saat perayaan kantor.

Kebun brokoli (www.dezeen.com)
Selain padi, tanaman-tanaman yang dipelihara kebanyakan adalah sayuran, karena memang tujuan dari urban farming di sana adalah farm-to-table. Jadi, sayuran yang dipelihara sejak kecil, hingga menghasilkan, akan diolah di cafetaria untuk makan siang.

Gardening bed (www.dezeen.com)
Sebagai alternatif, mereka menanam menggunakan gardening bed, bukan lagi pot. Gardening bed ini lebih disukai karena kapasitasnya yang banyak dan lebih cocok untuk menanam sayuran. Menanam di dalam gedung ini sangat mirip dengan menanam di ladang outdoor. Lihat saja, bahkan mereka dapat membuat bedengan-bedengan untuk tanaman sayur.

Kebun bunga matahari (www.dezeen.com)
Kebanyakan tanaman yang ditanam merupakan tanaman musiman, agar pemandangan tidak membosankan. Menurut Yoshimi Kono, salah satu desainer Kono Designs, konsep seperti ini akan membuat orang membicarakan bunga-bunga bermekaran, tanaman, bahkan musim ketika berada di kantor. Jadi tidak suntuk dengan melulu membahas masalah pekerjaan atau bergosip yaa... Hihihi.

Gardening bed dengan bunga-bunga yang indah (www.dezeen.com)
Gedung dengan total luas 20.000 meter persegi ini memiliki 4000 meter persegi area hijau yang bisa ditanami, dengan kurang lebih 200 spesies tanaman, buah-buahan, sayuran, dan padi. Lihat saja, salah satu blok yang sedang ditanami bunga-bunga ini. Duh, cantik sekali deh.

Ruang pertemuan Pasona (www.dezeen.com)
Tanaman akan tampak dimana-mana, bahkan di ruangan meeting. Rapat sambil memandangi tanaman-tanaman tomat cherry menjuntai yang sedang berbuah lebat untuk mencari inspirasi, sangat anti-mainstream.

Baby Lettuce (www.dezeen.com)
Karyawan Pasona didorong untuk memelihara dan memanen tanaman dengan dukungan dari tim spesialis agrikultur. Semua ladangnya dilengkapi dengan metal halida, HEFL (Hybrid Electrode Fluorescent Lamp), dan lampu LED sebagai pengganti sinar matahari; sistem irigasi otomatis sehingga tidak terjadi kebecekan :p, dan juga pengatur kelembaban dan temperatur. Sungguh gedung yang didesain dengan niat yang maksimal.

Ladang selada (www.dezeen.com)
Salah satu tanaman yang paling banyak dipelihara adalah selada untuk salad. Metode menanamnya ada yang menggunakan hidroponik dan juga tanah langsung.

Tanaman sebagai partisi (www.dezeen.com)
Jika dilihat sepintas, sedikit sekali tembok yang dibangun di dalam ruangan kantornya, karena fungsi partisi telah digantikan oleh rak-rak tanaman. Kemanapun memandang, ada tanaman dimana-mana.

Tanaman dimana-mana (www.dezeen.com)
Cahaya dari jendela jadi tidak terlalu silau (www.dezeen.com)
Ruangan kantor yang cerah ceria (www.dezeen.com)
Ladang indoor (www.dezeen.com)
Konsep seperti ini sangat baik sekali untuk gedung perkantoran. Selain warna hijaunya dan oksigen yang meningkatkan kreatifitas, aktivitas berkebun juga bisa menjadi kegiatan pengisi waktu luang atau istirahat. :)

Yuk, usulkan ide seperti ini di kantormu. :]

"It is important not to just think about how we can use our natural resouces better from a distance, but to actively engage with nature and create new groups of people who have a deep interest and respect for the world they live in" (Yoshimi Kono)."

All photographs are courtesy of Kono Design.

2 komentar:

  1. kerennn banget. coba di indonesia ada yah?. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa... harus orang-orang yang benar2 berdedikasi sih Hehehe...

      Hapus

Comment anything, ask me anything :)